Ini Dia Jurusan Kuliah dengan Gaji Tertinggi di 2016

Jangan asal pilih jurusan kuliah, ingat jurusan akan menentukan masa depan Anda. Bagaimanapun kesalahan memilih jurusan akan berdampak langsung pada apa yang akan terjadi setelah tamat nanti. Dimana Anda akan bekerja, pekerjaan apa yang akan Anda lakukan termasuk berapa gaji yang akan Anda terima. 

Berdasarkan riset yang telah dilakukan, Andrea Koncz, manager riset National Association of Colleges and Employers menjelaskan beberapa jurusan kuliah yang saat ini mendapat posisi dan gaji tertinggi diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. Jurusan teknik 

Secara keseluruhan gaji lulusan baru dari jurusan teknik bisa mencapai US$ 65 ribu per tahun tahun ini. Angka tersebut naik tiga persen dibanding tahun sebelumnya. Bidang studi teknik yang paling dicari para pencari kerja adalah teknik perminyakan, teknik kimia, teknik elektro, teknik komputer, dan teknik mesin. 

2. Ilmu komputer 

Banyaknya perusahaan teknologi saat ini tentu membuat lulusan dari jurusan ilmu computer sangat dicari. Gaji awalnya bisa mencapai US$ 61.321 per tahun, dan bisa naik lagi sampai US$ 105 ribu per tahun kalau sudah 10 tahun pengalaman. 

3. Matematika 

Setelah krisis keuangan global beberapa waktu lalu, orang-orang yang bergelar matematika dan ilmu pengetahuan ternyata paling dicari. Mereka ini ternyata bisa bekerja dengan baik di sektor keuangan. 

Pekerjaan awal orang dengan gelar matematika atau ilmu pengetahuan bisa menghasilkan US$ 55 ribu per tahun. Dengan 10 tahun pengalaman, gaji itu bisa naik jadi US$ 95.300 per tahun. 

4. Bisnis 

"Bankir investasi menjadi pekerjaan paling dicari setelah lulus kuliah," kata pendiri Quadjobs, Andra Newman. Tahun ini proyeksi pendapatan awal dari para lulusan jurusan bisnis sekitar US$ 52 ribu, naik sedikit ketimbang tahun lalu yang mencapai US$ 51.508 per tahun. 

5. Komunikasi 

Banyak kesempatan yang bisa diambil dari jurusan ini. Mulai dari hubungan masyarakat, penyiaran, hingga jurnalistik. Mereka yang mempelajari komunikasi ternyata punya kesempatan lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah dengan rata-rata gaji sekitar US$ 50 ribu per tahun. 

Menurut laporan PayScale, mereka yang mengambil jurusan marketing dan komunikasi pendapatannya bisa mencapai US$ 82 ribu setelah 10 tahun pengalaman kerja. 

Perlu juga untuk Anda ketahui, menurut analisis NACE dari data 11 teratas jurusan S1 dan 10 teratas masing-masing bagi jurusan S2 dan S3 didapati bidang STEM (Science, Technology, Engineering and Math dengan Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika) menduduki peringkat teratas, sedangkan pada S1 adalah akunting yang menjadi 'juara'. 

Beberapa riset di atas bisa menjadikan panduan penting untuk Anda yang saat ini sedang bingung memilih jurusan kuliah. Memang, jurusan yang berpeluang besar mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi tersebut harus dijalani dengan kesabaran dan penuh perjuangan, karena tentunya memang lebih sulit dibanding jurusan lain.