Baterai Android Cepat Habis? Awas Ada Virus

Praktisi Teknologi Informasi dari 1Machine Abbyamir Bin Sapie mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap smartphone yang baterai nya cepat habis, sebab salah satu sebabnya bisa jadi karena adanya virus yang menyerang ponsel tersebut. 

"Saat ini, kecenderungan masyarakat selalu membawa 'power bank' kemana-mana. Itu yang mesti diwaspadai karena salah satu penyebab penurunan daya baterai ponsel karena ada virus yang bekerja di ponsel itu," ujar Abbyamir di Jakarta, Rabu. 

Meskipun ponsel dalam keadaan diam dan tidak satu aplikasipun yang dihidupkan, virus tersebut tetap bekerja. 

Itulah yang kemudian menyebabkan baterai di ponsel menjadi cepat habis. Abbyamir juga menyebutkan, virus paling banyak terdapat pada ponsel berbasis Android karena aplikasinya yang sangat banyak serta tak berbayar pula. 

Tujuan dari virus tersebut tidak hanya merusak layanan di ponsel tetapi untuk mengambil data yang ada di ponsel tersebut. 

"Hal ini yang perlu diwaspadai, karena bisa saja virus tersebut mengambil data perbankan seseorang dan kemudian dipergunakan untuk mengambil dana di rekening orang tersebut," jelas dia. 

Virus-virus tersebut selain dari unduhan aplikasi juga bisa masuk melalui iklan-iklan yang ada di aplikasi maupun permainan di ponsel itu. 

Selain mengakibatkan baterai cepat habis, malware atau virus di android juga bisa melakukan curi pulsa dan mempercepat habisnya kuota internet. 

Jika kuota kamu cepat habis padahal pemakaian dalam kondisi wajar, bisa jadi android kamu terkena virus atau Malware. 

Malware juga dapat mempengaruhi panggilan masuk pada android yang terkena virus. Biasanya android yang terkena virus ketika menerima panggilan akan mati secara tiba-tiba atau panggilan tiba-tiba putus. 

Tetapi gejala ini tidak sepenuhnya salah malware bisa juga operator jaringan yang sedang buruk. Indikasi lain serangan virus pada android bisa dikenali dengan terjadinya mati mendadak saat ada panggilan. 

Misalkan anda sedang menerima sebuah panggilan telepon lalu menerima panggilan tersebut lalu ditengah percakapan anda, tanpa sebab yang jelas smartphone anda mati. 

Kalau hal ini terjadi coba cek dulu pulsa telpon, berikutnya daya batrei, terakhir lihat jaringan kartu smartphone anda. Jika masalah mati mendadak itu bukan bersal dari penyebab diatas maka sudah bisa di indikasikan kalau smartphone anda lagi terjangkit sebuah virus. 

Oleh karena begitu rentannya android dari serangan beraneka macam virus, Abbyamir mengingatkan masyarakat untuk menggunakan antivirus pada ponsel pintarnya. Tak hanya pada ponsel berbasis Android tetapi juga ponsel Windows dan iOS. 

Direktur Utama Wiko Indonesia, Lingga Jaya, mengatakan masih sedikit masyarakat yang mengerti akan pentingnya memasang antivirus pada ponsel pintar. Padahal ponsel pintar sangat rentan akan serangan virus.