5 Hal Penting yang Perlu Kamu Lakukan Jelang Ramadhan

Ramadhan tak lama lagi akan tiba. Ummat muslim menyiapkan banyak hal untuk menyambut bulan tersebut. Bahkan ada yang sudah sibuk mempersiapkan lebaran. Ramadhan yang berlangsung selama satu bulan membutuhkan banyak persiapan. 

Ada banyak hal yang harus Anda lakukan supaya Ramadhan Anda tahun ini bisa lebih sukses dari tahun sebelumnya. Nah, untuk itu, Anda harus melakukan beberapa hal sebelum Ramadhan itu datang, berikut ini beberapa diantaranya: 

1. Melunasi hutang Sebelum kita melaksanakan ibadah selama satu bulan, sebaiknya mensucikan diri dari segala hal termasuk hutang. Baik hutang puasa, hutang janji atau hutang-hutang yang lain yang bisa Anda tuntaskan sebelum Ramadhan akan lebih utama tentunya. Terutama jika hutang puasa, harus disegerakan sekarang juga untuk membayarnya sebelum puasa tiba. 

2. Menjaga kesehatan 

Menjaga kesehatan fisik sebelum Ramadhan sangat penting supaya kita bisa melaksanakan ibadah Ramadhan dengan kondisi fisik yang prima. Jika kita sudah sakit sebelum hingga Ramadhan tiba, tentu saja kita tidak bisa melaksanakan ibadah dengan baik di bulan Ramadhan. Kesehatan fisik dan hati harus dijaga menjelang Ramadhan tiba. 

3. Mempersiapkan ibadah yang baik 

Untuk bisa sukses di bulan Ramadhan dalam hal ibadah, maka sudah harus Anda cicil sedini mungkin dengan membiasakan diri melakukan ibadah jauh-jauh hari sebelumnya. Biasakan membaca Al Quran dengan sering sehingga ketika Ramadhan tiba Anda sudah terbiasa membaca Al Quran tanpa berat dan merasa terbebani. Mulai membiasakan puasa sunnah sehingga nanti tidak terkejut di hari-hari pertama menjalankan puasa Ramadhan. 

4. Mempersiapkan anggaran 

Bulan Ramadhan membutuhkan anggaran biaya khusus, terutama jika Anda ingin banyak bersedekah. Siapkan anggaran berbagai acara buka bersama, menjamu buka bersama, bersedekah, membuat takjil buka puasa dan sebagainya. Termasuk anggaran jelang hari raya. Sebaiknya anggaran Ramadhan lebih besar dari anggaran hari raya karena anggaran Ramadhan lebih banyak digunakan untuk ibadah, sementara anggaran lebaran hanya untuk kebutuhan bersenang-senang. Manajemen keuangan sebaik mungkin sehingga anggaran yang dipersiapkan bisa tepat sasaran. 

 5. Mempersiapkan pengetahun tentang Ramadhan 

Sebelum Ramadhan Anda perlu membaca hal-hal terkait hukum fiqih pelaksanaan ibadah Ramadhan. Mulai dari fiqih puasa, fiqih wanita, dan hal-hal lainnya. Beli buku tentang persiapan Ramadhan dan pengetahuan lain yang dibutuhkan untuk menyambutnya. 

Selain beberapa hal yang perlu dilakukan di atas, ada banyak kesalahan orang dalam menyambut Ramadhan. Berikut ini beberapa kesalahan yang harus Anda hindari dan biasanya banyak dilakukan oleh orang-orang: 

1. Banyak-banyak makan sebelum Ramadhan, karena merasa selama sebulan akan berpuasa, maka orang-orang seperti ini akan jajan kuliner ke berbagai tempat yang ia sukai. 

2. Melakukan ritual-ritual yang tidak ada hubungannya dengan ibadah Ramadhan, justru malah akan menimbulkan berbagai keburukan lainnya. Lakukan ibadah yang diajarkan Rasulullah, bukan ibadah yang dibuat dari adat istiadat, yang biasanya rentan dengan kesyirikan dan efek buruk lainnya. 

3. Anggaran hanya disediakan untuk lebaran, tetapi anggaran untuk ibadah di bulan Ramadhan tidak dipikirkan. 

4. Melalaikan membayar puasa yang tertinggal di tahun sebelumnya. 

5. Melakukan banyak aktivitas fisik dan lapangan sebelum Ramadhan sehingga pada saat Ramadhan sakit dan tidak fit dalam menjalankan ibadah puasa. 

Bulan Ramadhan sering disebut bulan berkah. Jika Anda ingin mencari keberkahan di bulan Ramadhan, salah satunya bisa Anda lakukan dengan mengelola sebuah bisnis di bulan Ramadhan dengan tidak melalaikan kewajiban beribadah di bulan tersebut. 

Ada banyak usaha bisnis yang potensial dikelola di bulan Ramadhan. Banyak para pedagang yang mengaku mendapatkan untuk berlipat di bulan Ramadhan. Misalnya pebisnis baju, kuliner, kurma, pakaian muslim, kue, perabotan rumah tangga dan sebagainya. 

Anda mungkin bisa mencoba salah satunya. Pilih yang memang potensial digarap di lingkungan Anda, anggaran yang Anda miliki dan potensi pasar yang menjanjikan.