5 Cara Merayakan Liburan di Dalam Kota

Akhir tahun tak lama lagi. Musim liburan akan segera tiba. Namun tak semua orang bisa menikmati liburan dengan indah. Mereka yang terkendala biaya, mereka yang sakit dan mendapat musibah biasanya hanya bisa merayakan liburan di dalam kota. 

Lalu bagaimana caranya supaya liburan di dalam kota tetap menarik dan indah dinikmati? Anda harus berpikir kreatif untuk itu. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menikmati liburan indah di dalam kota: 

1. Berkunjung ke bioskop 

Mungkin saja ada koleksi film favorit Anda yang tayang di musim liburan, tak ada salahnya Anda dan keluarga menonton saja di bioskop. 

Mungkin Anda sudah biasa melakukannya, tapi kali ini Anda bisa mengkombinasikannya dengan kegiatan lain karena waktu liburan yang lebih panjang. 

Jika anak-anak bosan, bisa memilihkan mereka film kesukaan mereka, jangan hanya menuruti selera film Anda sebagai orang dewasa. Terlebih lagi bagi Anda yang jarang ke bioskop, cara ini cukup bisa dinikmati. 

2. Wisata kuliner 

Lelah menonton tentunya perut Anda keroncongan bukan? Saatnya kini meluncur ke area wisata kuliner terbaik di kota Anda. 

Setiap saat biasanya akan muncul tempat-tempat wisata kuliner baru di sudut-sudut kota yang bisa Anda kunjungi. 

Makan lah sesuatu yang jarang atau tak pernah Anda makan, kunjungi lah kuliner yang tak pernah Anda kunjungi. Ini akan memberikan kesan yang berbeda. 

3. Menginap di hotel berbintang 

Masih belum puas sekedar menonton di bioskop dan wisata kuliner, kini saatnya Anda mencoba nikmatnya tidur di kamar mewah dengan fasilitas elit yang jarang Anda coba. 

Bagi keluarga bisa memilih sejenis villa, dan bagi pasangan baru tentunya akan sangat mengasyikkan memiliki liburan dengan cara seperti ini. 

Ada banyak hotel mewah yang selalu dibangun di sudut-sudut kota, kini saatnya Anda mencoba bagaimana kualitas pelayanannya. Menikmati suasana liburan dalam ruangan yang mewah dan lengkap menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda coba. 

4. Keliling kota dengan transportasi umum 

Ini cara orang yang mungkin agak nekat. Seseorang yang bosan dengan kondisi nyaman di dalam mobil pribadi setiap hari terkadang membutuhkan tantangan kondisi yang berbeda. 

Jika Anda ingin merasakannya, cobalah naik bus transkota dari halte ke halte menikmati suasana kota. Di musim liburan biasanya suasana akan lebih lengang di perkotaan sehingga ini akan membuat Anda lebih nyaman berada dalam kendaraan umum. 

5. Berkemah di kebun 

Kemah juga menjadi cara liburan asyik yang cukup efisien dalam menghemat anggaran. Kemah bisa Anda lakukan di kebun sendiri, atau di pusat wisata di dalam kota yang ada di alam. 

Buatlah kegiatan unik bersama anak-anak dan pasangan. Mulai dari lomba masak, games, memancing dan seterusnya. Cara ini selain bisa memberikan kedekatan emosi pada keluarga, biasanya juga akan lebih disukai anak-anak. 

Ada juga yang menghabiskan waktu liburan dengan berbelanja di mall dan pusat-pusat perbelanjaan lainnya. Akan tetapi Anda juga perlu perhatikan, cara ini mungkin Anda pikir bisa lebih menghemat anggaran dibanding liburan keluar kota, akan tetapi jika tidak dikontrol, terkadang jumlahnya justru bisa melebihi angka yang tidak Anda inginkan. 

Sebab biasanya pusat-pusat perbelanjaan akan menggelar diskon besar-besaran di musim liburan. Bila Anda tak ingin kemana-mana dan liburan di rumah saja, maka Anda bisa membeli buku baru, film baru, menata rumah dalam suasana baru, menanam tanaman baru atau membuat tatanan interior baru di dalam rumah. Selamat berlibur.