5 Objek Wisata Paling Terkenal di Riau

Siapa bilang Riau tak punya objek wisata yang wow untuk dikunjungi? Baik wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah hingga wisata kuliner ada banyak di Riau. Publikasi dan promosi yang belum maksimal sehingga terkadang orang Riau sendiri tak tau jika wisatanya sudah mendunia. 

Jika Anda punya kesempatan berkunjung ke Riau, ada beberapa objek wisata menarik yang bisa Anda kunjungi: 

1. Wisata Bono 

Wisata bono merupakan wisata air yang menantang dan sudah mendunia. Ada 2 lokasi wisata bono di Riau, yakni di Sungai Kampar dan Sungai Rokan, namun yang terbesar adalah di Sungai Kampar. 

Bono merupakan pertemuan arus air laut dan air sungai yang menyebabkan terjadinya ombak besar atau ombak bono yang terjadi di daerah air tawar. 

Jika Anda melihat orang surfing di laut, itu sudah biasa. Akan tetapi di Sungai Kampar, kita bisa menyaksikan orang melakukan surfing yang menaklukkan gelombang-gelombang besar. 

Bono yang ada di Sungai Kampar dikenal sangat dahsyat dan sudah melebihi bono yang ada di Sungai Amazon, Amerika. 

Para pencinta olahraga surfing dari berbagai dunia mengunjungi lokasi ini. Waktu yang tepat berkunjung ke wisata bono adalah pada musim penghujan, sekitar bulan November-Desember. 

Terletak di daerah Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau. Akses untuk kesana diawali dengan mengendarai kendaraan darat lalu menyeberangi sungai. 

2. Perpustakaan Soeman HS 

Objek wisata edukasi yang cukup wow di Riau adalah Perpustakaan Soeman HS yang berada di Jalan Sudirman Kota Pekanbaru. 

Perpustakaan Soeman HS dikenal dengan arsitek bangunannya yang megah dan mewah dan dikenal juga sebagai arsitek perpustakaan terbaik di Indonesia. 

Perpustakaan ini telah mengantongi akreditasi A dari pemerintah pusat dan saat ini menjadi salah satu pusat literasi di Riau. 

Bentuk bangunannya menyerupai buku yang terbuka pada bagian atas. Terdiri dari beberapa lantai dengan kelengkapan fasilitas yang cukup baik. 

Perpustakaan Soeman HS bukan hanya sebagai tempat untuk membaca yang nyaman, namun juga bisa dijadikan sebagai tempat nongkrong, diskusi dan bertemu mitra kerja karena suasana bangunannya yang mewah dan nyaman. 

3. Istana Siak 

Para pecinta wisata sejarah kerajaan Melayu sangat cocok mengunjungi objek wisata Istana Siak. Istana tersebut merupakan peninggalan dari Kerajaan Islam Siak yang ada di Riau. 

Istana ini terletak di Kota Siak Sri Inderapura, Kabupaten Pelalawan. Letaknya di pusat kota dan bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 2-3 jam. 

Istana Siak merupakan bukti sejarah Kerajaan Siak dimasa kejayaannya. Seperti diketahui, Siak menjadi kawasan di Riau yang tidak dijajah oleh Belanda, sehingga sesuai aturan sebenarnya Siak bukan bagian dari NKRI. 

Akan tetapi karena kebijaksanaan Sultan Syarif Kasim II, akhirnya Siak menyatakan diri bergabung menjadi bagian NKRI. 

Di Istana Siak kita bisa menemukan benda-benda antic seperti alat music komet, lemari hitam Sultan Syarif Kasim, berbagai keramik antic dari luar negeri dan sebagainya. Banyak lagi situs-situs budaya yang ada di Siak. 

4. Pulau Jemur 

Salah satu wisata alam yang masih tersembunyi di Riau adalah Pulau Jemur. Pulau ini terletak d daerah Rupat, Kabupaten Bengkalis. Pemandangan pulau ini masih sangat asri, dengan pantai pasir yang indah dan lautnya yang jernih. 

Sayangnya masih jarang yang tahu tempat ini karena akses menuju pulau jemur yang cukup jauh. Tidak bisa ditempuh dalam sehari dan menyeberang kendaraan air. 

Akan tetapi para blogger dan backpacker banyak yang sudah berkunjung ke pulau yang sangat menjanjikan potensi wisatanya tersebut. Jika ingin berkunjung ke Pulau Jemur, maka berkunjunglah ke Rupat, Bengkalis. 

5. Rimbang Baling 

Salah satu hutan cagar alam yang ada di Riau adalah Rimbang Baling, letaknya di Kabupaten Kampar dan berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat. 

Rimbang Baling merupakan kawasan yang kaya dengan spesies flora dan fauna yang beragam. Tempat ini menawarkan pesona pemandangan alam yang cukup indah berupa sungai, hutan, perbukitan dan danau. Cuaca di daerah ini sudah hampir menyerupai daerah di Sumbar karena lokasinya yang sudah berdekatan.