Pesona Kealamian Pantai Senggigi


Pantai Senggigi Pulau Lobok, merupakan pantai dengan berbagai sensasi  keindahan kealamiannya. Dengan pasir putih yang berkilau, ditambah suasana eksotis penyejuk mata akan membuat pengunjung termanjakan dengan pesona alamiah ciptaan semesta. Dari Pantai ini juga Anda dapat menikmati keindahan Gunung Agung, Bali. 

Pantai Senggigi di Pulau Lombok ini memang terkenal dengan keindahan dan kealamiannya. Bagi Anda yang berkunjung ke Nusa Tenggara Barat, belum lengkap rasanya jika belum menikmati keindahan pantai Singgigi. Pantai ini terletak di sebelah barat laut Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia.

Keindahannya memang sering disandingkan dengan pantai-pantai yang ada di Pulau Bali. Seperti Pantai Kuta, Legian dan Sanur. Bahkan Singgigi digambarkan melebihi keindahan pantai-pantai itu, karena dianggap lebih memiliki suasana yang nyaman dan tenang.

Memang, Pantai Singgigi masih tergolong pantai yang alami dan terjaga kebersihannya. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin melepaskan penat dan lelah setalah menjalani rutinitas yang tiada henti.

Wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas  seperti berenang, bermain air, menyelam, snorkeling, berjemur, dan bermain–main membuat istana pasir.  Suasana sore yang indah dengan melihat tenggelamnya matahari menjadi aktivitas yang dapat dinikmati dipinggir pantai.

Pantai ini pun cukup unik. Jika malam purnama tiba, warga disekitar pantai akan memanfaatkan kehangatan pasir yang dipercaya sebagai terapi kesehatan. Mereka mengubur sebagian atau seluruh tubuh sampai leher selama 2—3 jam, sembari mendengarkan deburan ombak yang memecah kesunyian. Terapi ini diyakini masyarakat sekitar dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti pegel linu hingga kelumpuhan. Anda juga bisa bergabung mengikuti aktivitas ini.

Untuk bisa sampai ke Pantai Singgigi tidak begitu sulit. Jika Anda berangkat dari Pulau Bali, Anda  dapat berangkat dari Pelabuhan Karang Asem menggunakan kapal feri menuju Senggigi, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan.

Namun jika menggunakan pesawat terbang, waktu tempuh yang diperlukan hanya 15 menit dari Bandara Ngurah Rai Denpasar menuju Bandara Selaparang di Mataram (Ibu Kota NTB).

Perjalanan juga bisa ditempuh dari Pelabuhan Padang Bay di Bali. Dengan menggunakan kapal Feri perjalanan akan bertolak ke Pelabuhan Lembar di Pulau Lombok. Disini Anda akan kembali dimanjakan dengan pemandangann indah sepanjang perjalanan.

Waktu tempuh dari  Padang Bay—Lembar ini membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Sesampainya di Pelabuhan Lembar, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke Kota Mataram. Dari Kota Mataram, Pantai Senggigi berjarak 11 kilometer dan dapat ditempuh menggunakan taksi atau kendaraan umum lainnya.
Bagi Anda yang berada diluar Nusa Tenggara, perjalanan bisa dimulai dari Bandara tempat Anda tinggal, menuju  Bandara Selaparang, Mataram. Dari bandara ini Anda dapat langsung menuju kawasan Pantai Senggigi.

Sesampainya disana Anda tidak perlu kuatir terkait akomodasi. Pasalnya  sekitar Pantai sudah banyak terdapat penginapan yang bisa dijadikan pilihan sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain penginapan,  di kawasan pantai ini juga banyak dijumpai restoran, cafe, bar, pasar terbuka, deretan warung suvenir dan cenderamata, mushola, toilet umum, lahan parkir, dan lain-lain. Pantai senggigi adalah pantai indonesia yang memang layak untuk dijadikan tempat wisata pantai.

Melalui promosi, wisatawan Mancanegar kini sudah mulai berdatangan untuk berwisata ke sana. Kini pemerintah daerah setempat dan perusahaan sewasta makin giat membangun dan membenahi segala prasarana, agar para wisatawan makin tertarik untuk mengunjungi pantai ini. ***