7 Kuliner Paling Terkenal di Riau

Riau sebagai provinsi yang dikenal dengan budaya Melayunya memiliki pilihan aneka kuliner yang khas. Bisa Anda nikmati di tempat ataupun dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ke daerah asal. Kuliner khas Riau tersebar di beberapa daerah di Riau, akan tetapi Anda juga bisa mendapatkannya di ibu kota provinsi, yakni Kota Pekanbaru. 

Berikut ini beberapa kuliner khas Riau yang bisa Anda cicipi saat berkunjung ke Riau. 

1. Lempuk durian 

Lempuk durian merupakan dodol durian yang dikenal sangat enak dan harga yang cukup mahal. Lempuk durian yang terkenal di Riau berasal dari daerah Bengkalis. 

Namun di beberapa super market yang ada di Pekanbaru, Anda juga bisa menemukannya. Atau pun di beberapa pusat oleh-oleh yang ada di ibu kota. 

Biasanya kualitasnya bervariasi dengan harga yang disesuaikan. Cocok dijadikan sebagai oleh-oleh saat Anda berkunjung ke Riau dan untuk dibawa ke daerah asal. 

2. Asam pedas ikan patin 

Belum sempurna kunjungan ke Riau jika belum mencicipi kuliner ikan patin. Patin merupakan jenis ikan yang khas di Riau dan sudah dijadikan sebagai icon wisata kuliner di daerah ini. 

Ikan patin merupakan jenis ikan air tawar yang banyak dibudidayakan di Riau. Anda bisa dengan mudah menemukan ikan patin pada tempat-tempat makan baik yang berkelas maupun tempat makan murah. 

Ada banyak olahan ikan patin seperti gulai ikan patin, salai ikan patin. Namun yang biasa dicari orang adalah asam pedas ikan patin khas Melayu. 

3. Asam pedas ikan baung 

Jika berkunjung ke daerah Rokan Hulu Provinsi Riau, jangan lupa menikmati asam pedas ikan baung di kedai-kedai melayu tradisional. 

Rasanya sangat nikmat dan gurih, sebab ikan baung yang diolah biasanya merupakan ikan segar yang baru diambil dari sungai. Asam pedas ikan baung di daerah ini dijadikan sebagai kuliner istimewa untuk menyambut tamu-tamu terhormat dari luar daerah. 

4. Lemang tapai 

Lemang tapai merupakan ketan yang dimasak di batang bambu lalu kemudian dinikmati dengan kuah tapai ketan hitam. Lemang tapai merupakan makanan tradisional yang bisa Anda nikmati di tempat, bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh. Lemang tapai dibakar di dalam bambu, sehingga menimbulkan rasa dan aroma yang khas, terutama disaat hangat menikmatinya. 

5. Bolu komojo 

Bolu komojo merupakan bolu yang sudah dipatenkan oleh pengusaha Riau, sehingga makanan ini memang sudah menjadi makanan khas daerah Riau. Bolu berbentuk bunga dengan warna hijau ini memiliki rasa yang nikmat dan tidak membosankan. 

Ada yang berukuran besar dan ada yang kecil-kecil dengan variasi harga yang berbeda. Bolu komojo menjadi salah satu kuliner di acara-acara resmi masyarakat Riau. 

Kuliner ini biasanya juga dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para tetamu yang berkunjung, ataupun para pejabat, pembicara resmi dalam sebuah acara formal. 

6. Aneka kripik buah 

Beberapa kripik buah yang cukup popular di Riau adalah kripik nenas dan kripik buah nangka. Kripik ini bisa kita temukan di pusat oleh-oleh khas Riau yang ada di Pekanbaru. 

Pusat pembuatan kripik ini ada di daerah Kampar yang dikenal sebagai penghasil buah nenas yang cukup banyak. Rasanya gurih dan sedikit asam sesuai dengan jenis buah yang dipakai. 

Harga kripik-kripik buah ini cukup mahal, karena memang proses pembuatannya yang cukup lama dan membutuhkan buah yang banyak. 

7. Kripik ubi 

Kripik ubi merupakan oleh-oleh yang dikenal dari daerah Dumai, Provinsi Riau. Di Dumai, kripik ubi menjadi pusat-pusat kegiatan home industry masyarakat. 

Jika ingin membeli yang original dan baru dibuat, Anda bisa datang langsung ke rumah-rumah penduduk yang membuatnya. Rasanya lebih renyah dan sambal asli yang digunakan membuat rasanya lebih khas dan special. Sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk mereka yang datang ke Dumai, Riau. 

Masih banyak lagi kuliner khas Riau yang bisa Anda nikmati. Pekanbaru sebagai ibu kota Riau memiliki banyak akses tempat kuliner di sepanjang kota dengan variasi harga yang beragam. Biasanya kuliner akan semakin banyak jika malam hari tiba.