Musim Razia, Ketahuilah Helm Lima Tahun Sekali Harus Ganti

Operasi zebra cross sedang dijalankan pihak kepolisian. Ada baiknya Anda mengecek kembali kualitas helm yang dipakai saat berkendara sepeda motor, apakah masih berkualitas standar atau tidak. 

Helm tidak selamnya menjamin keamanan jika tidak dilakukan perawatan. Laiknya makanan, helm nyatanya memiliki masa maksimal penggunanan yang nantinya mengurangi kadar keselamatan yang diberikan. 

"Menggunakan helm itu harus diklik kalau enggak percuma, dan ini ada masa pakainya loh," kata Defensice Riding Instructor Road Safety Association (RSA) Citra Ayu Lestari. 

Masa pakai helm hanya sampai lima tahun dari masa produksi. Semahal dan sebaik apa pun ketika sudah lebih dari lima tahun disarankan untuk membeli helm baru, bukan malah menggunakan sampai terus-menerus tanpa batas. Kode produksi biasanya dapat dilihat pada kardus pembelian. 

Citra pun menegaskan, masa lima tahun pun bisa berkurang jika intensitas jatuh terjadi. 

"Semakin sering jatuh maka masa pakainya terus berkurang, sekali jatuh maka dari lima tahun itu berkurang. Jadi jangan suka taruh helm di spion motor sebab rawan jatuh," kata Citra. 

Sebaiknya helm ikut dibawa atau dititipkan agar tidak rentan jatuh tersenggol orang lain apa bila di taruh di spion motor. 

Namun, saat ini beberapa motor pun sudah menyediakan bagasi yang bisa digunakan untuk menjaga helm agar tetap aman meski ditinggalkan bersama motor.