5 Tips Menghadapi Cuaca Panas Yang Ekstrim

Pemanasan global yang terjadi sejak beberapa tahun terakhir cukup dirasakan masyarakat Indonesia. Pekanbaru dengan suhu yang cukup tinggi juga ikut merasakan kondisi panas yang cukup ekstrim. 

Tak perlu risau dan menyalahkan kondisi, karena panas juga bagian dari nikmat yang harus disyukuri. Yang Penting untuk diperhatikan adalah mengetahui bagaimana tips menjalani musim panas yang cukup panjang tersebut. 

Apa yang sebaiknya Anda lakukan, terlebih lagi musim panas dan kemarau yang panjang di Riau seringkali berakhir dengan musibah kebakaran hutan yang menyebabkan pencemaran udara akibat asap selama berbulan-bulan. 

Inilah dampak musim kemarau yang paling menakutkan bagi warga Riau. Perhatikan beberapa tips berikut yang bisa membantu Anda dimusim kemarau saat ini: 

1. Menjaga kondisi tubuh 

Hal paling penting adalah menjaga kondisi tubuh di musim panas. Mulai dari paparan sinar UV yang ada di cahaya matahari hingga efek bau badan karena sering berkeringat. 

Gunakan sunblock untuk melindungi kulit wajah saat di luar. Bagi mereka yang bertubuh gemuk, usahakan sesering mungkin mandi untuk mencegah bau badan. 

Gunakan pakaian yang lebih tipis dan menyerap keringat. Jika tidak untuk kebutuhan yang mendesak, sebaiknya hindarkan tubuh Anda dari paparan cahaya yang sangat panas di siang hari. 

2. Menjaga asupan nutrisi tubuh 

Di saat musim panas, perbanyak lah mengkonsumsi air putih, sayur dan buah. Ini akan membantu Anda terhindar dari dehidrasi. Jika Anda memiliki aktivitas rutin di luar rumah, maka usahakan dalam tas Anda selalu tersedia botol minuman air putih. 

Kurangi mengkonsumsi lemah, gorengan dan sebagainya. Selain itu, Anda juga perlu meningkatkan konsumsi vitamin C untuk menjaga kestabilan kondisi ion-ion tubuh. Cegah meriang dengan mengkonsumsi vitamin C dari buah yang lebih sehat.

3. Hindari melakukan bakar-bakar 

Hindari membakar sampah atau lahan dalam jumlah besar. Jika terpaksa harus melakukan maka jangan ditinggal dan pastikan Anda langsung memadamkannya jika semua sampah telah terbakar. 

Selain dapat memicu kebakaran lahan yang lebih besar tanpa adanya control, udara biasanya juga akan lebih tercemar dengan adanya bakar-bakar tersebut. 

 4. Mandi pagi hari 

Kondisi cuaca yang hangat memungkinkan Anda untuk melakukan mandi pagi atau sebelum subuh. Mandi sebelum subuh terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari melangsingkan hingga membuat aliran darah lebih lancar. 

Mandi di pagi hari juga akan membuat Anda lebih semangat beraktivitas. Menghilangkan bau badan akibat cuaca yang tetap gerah meski di malam hari sekalipun. Sering-sering lah mandi untuk menjaga kebersihan tubuh di musim yang cukup panas. 

5. Menstabilkan suhu di dalam dan luar tubuh Saat pulang dari bepergian dengan kondisi cuaca yang panas, banyak orang yang langsung meminum es saat tiba di rumah. 

Suhu tubuh yang tidak siap dengan suhu es yang cukup dingin akan membuat respon yang tidak baik pada tubuh. Yang terjadi biasanya seperti demam, sakit kepala dan sebagainya. 

Jika Anda terlalu dahaga saat pulang dari bepergian dan ingin meminum es, maka sebaiknya Anda menetralkan dulu suhu tubuh dengan cara meminum air putih biasa terlebih dahulu. Setelah cukup stabil kondisinya, barulah Anda bisa meminum es yang segar. 

Mengganti pakaian minimal dua pakaian dalam sehari saat musim panas cukup penting untuk kesehatan kulit dan kenyamanan orang-orang disekitar. 

Kain yang basah dengan keringat akan rentan dengan jamur dan bakteri. Terutama untuk anak-anak dan bayi, pastikan kondisinya tidak dalam keadaan basah oleh keringat. Jika berkeringat segera ganti dengan pakaian yang bersih.