4 Oktober Batas Akhir Pendaftaran CPNS Riau

4 Oktober menjadi hari terakhir pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Demikian disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, M Guntur kepada Riau Pos di Pekanbaru. “Ya, batas akhir pendaftaran melalui panselnas Menpan dan BKN tanggal 4 Oktober, cap pos pengiriman terakhir tanggal 5 Oktober. Namun karena hari libur tanggal 6 Oktober baru diantar ke BKD,’’ jelas Guntur. 

Lebih lanjut Guntur menghimbau masyarakat yang ingin mengikuti proses seleksi agar dapat memaksimalkan waktu yang ada. Sehingga, tidak mempertanyakan lagi proses pendaftaran, jika waktu yang diberikan telahberakhir. ‘’Untuk itu, dari sekarang persiapkanlah seluruhnya yang diperlukan. Karena jika melewati batas akhir dari yang telah kami tentukan lagi, maka tidak akan diterima,’’ sambungnya. 

Saat ini pendaftaran online sudah tergolong tinggi mencapai angka 15.988 pelamar. Sementara untuk berkas yang dikirimkan melalui pos belum sampai setengah dari jumlah pelamar yang telah melakukan registrasi. Di mana, panitia lokal BKD telah menerima 7.433 berkas calon peserta CPNS 2014. Angka tersebut berkemungkinan mengalami peningkatan. Pasalnya, dari tradisi-tradisi sebelumnya, peningkatan jumlah pelamar akan terlihat di hari-hari akhir waktu pendaftaran. Guntur menjelaskan menerangkan proses tersebut terus dilakukan secara terperinci. 

Dalam hal ini, pihaknya melakukan verifikasi secara manual dengan melihat satu persatu berkas yang diajukan calon peserta seleksi CPNS. Langkah itu ditempuh, agar panitia tidak kecolongan dalam melakukan seleksi secara administrasi. Misalnya, pelamar yang tidak memiliki NIK Pekanbaru, ijazah yang tidak terakreditasi hingga persyaratan lainnya. ‘’Jadi untuk verifikasi terus kami lakukan, tidak menunggu batas akhir pendaftaran. Jadi kalau cepat selesai verifikasinya, akan kami umumkan langsung ke publik,’’ imbuh Guntur.