Istri JK Konsisten Gunakan Jilbab, Istri Jokowi Tidak

Publik menyoroti penampilan dua perempuan sebagai istri dari presiden dan wakil presiden yang baru dilantik. Keduanya tampak anggun dengan busana kenegaraan. Namun jika diperhatikan ada hal yang menarik dari penampilan kedua perempuan tersebut yakni istri Jokowi dan istri Jusuf Kalla. Jika beberapa waktu lalu di musim kampanye dan pemilihan umum istri Jokowi tampak menggunakan jilbab, namun kini semua itu tak nampak lagi. Perempuan yang menjadi teman hidup Jokowi tersebut tampak hanya menggenakan balutan pakaian kebaya saat menemani pelantikan suaminya. 

Penampilan ini jelas menunjukkan inkonsistensi. Pada masa kampanye dulu, istri Jokowi, Iriana, tampil berjilbab. Namun sejak Jokowi terpilih sebagai presiden, Iriana kembali menanggalkan jilbabnya, seperti dulu saat Jokowi masih menjadi wali Kota Solo dan Gubernur Ibu Kota. 

Hal yang berbeda tampak pada istri Jusuf Kalla, Mufidah. Dari sejak dulu saat JK menjadi wakil SBY, Mufidah berjilbab. Saat inipun, disaat suaminya kembali menempati posisi sama, Mufidah tetap berjilbab. Mufidah JK tampil anggun dengan busana muslimah dan jilbab merah. Sedangkan Iriana Jokowi datang memakai kebaya orange. 

"Biar cerah," kata Jokowi, sebelum mendatangi sidang paripurna di MPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.