Waduh, Sapi Kurban SBY-Budiono Laris Diajak Foto

Seperti Idul Adha-Idul Adha sebelumnya, tahun ini presiden dan wakil presiden berkurban dengan sapi seberat lebih dari 1 ton. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono berkurban satu sapi lokal dengan berat 1.075 kilogram atau lebih dari 1 ton dalam hari raya Idul Adha 1435 Hijriah. "Presiden dan Ibu Negara berkurban seekor sapi lokal dari kawasan Tuban, Jawa Timur, berusia sembilan tahun dengan berat 1.075 kilogram," kata Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Mubarak di Jakarta, Sabtu (4/10/2014). Demikian juga Wapres dan Ibu yang berkurban seekor sapi, dengan jenis yang sama, berusia delapan tahun dengan berat 1.000 kilogram.

 Setibanya di Masjid Istiqlal pada Sabtu (4/10/2014) siang, kedua ekor sapi Jawa itu "laris" jadi incaran pengunjung Istiqlal untuk berfoto bersama. Ridwan (45) yang berencana menikmati malam takbiran bersama istri dan anaknya menyempatkan diri untuk berfoto bersama sapi jantan berbobot 1,1 ton tersebut. Ridwan mengaku senang bisa berfoto dengan sapi kurban milik orang nomor satu di Indonesia itu. 
 "Kapan lagi ini mumpung belum dipotong," kata Ridwan diikuti tawa. 

Menurut Emis, sopir yang membawa sapi tersebut ke Masjid Istiqlal, sapi kurban milik SBY dan Boediono tersebut berusia sekitar lima tahun. 

"Sudah lumayan tua juga ini, lihat saja tanduknya sudah hitam," kata pria bertubuh kurus itu. Rencananya, seusai shalat Idul Adha, Minggu (5/10/2014), maka Presiden Yudhoyono secara simbolis akan menyerahkan sapi tersebut kepada pihak perwakilan Kementerian Agama untuk diberikan ke Masjid Istiqlal.