Google Segera Rilis Mobil Otomatis

Google telah mengumumkan sebuah prototipe kendaraan otomatis tanpa pengemudi yang mereka kembangkan sudah siap diuji di jalanan. 

"Kami akan menghabiskan masa liburan di trek latihan kami dan kami berharap bisa melihat Anda di jalanan California Utama pada tahun baru," kata raksasa Internet itu melalui jejaring sosial Google+. Mobil google ini sangat simple, tidak memiliki setir dan tanpa roda kemudi.

 "Mobil ini tak punya roda kemudi, pedal akselerator, atau pedal rem, karena memang tidak diperlukan. Software dan sensor-sensor kami akan melakukan itu semua," kata Chris Urmson dari Google dalam posting blognya seperti dikutip AFP. 

Google menjelaskan bahwa kecepatan puncak dari prototipe yang dinyawai baterai itu adalah 40 km per jam dan dirancang untuk kemanfaatan, bukan kemewahan. Dalam blog itu terlihat sebuah kendaraan bundar seperti serangga. 

"Kami tengah mencoba prototipe-prototipe berbeda-beda yang masing-masing dirancang untuk menguji berbagai sistem kendaraan swakemudi ini, misalnya bagian-bagian kendaraan seperti kemudi dan rem, selain juga bagian-bagian lain seperti komputer dan sensor," kata Google.