Makanan Suplemen untuk Penderita Kolesterol


Makanan suplemen penderita kolesterol – suplemen dalam bahasa sederhana berarti pelengkap atau tambahan. Suplemen sebenarnya sudah ada dalam makanan kita sehari-hari. Misalnya dalam segelas jus jeruk sudah ada kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C tersebut bisa disebut suplemen artinya pelengkap dari beberapa vitamin yang terdapat dalam jeruk. Jadi, jika anda telah menerapkan pola makan yang sehat yaitu hidangan lengkap terdiri dari nasi, sayur, buah dan minum air putih 8 gelas sehari. Sejatinya makanan suplemen yang berasal dari pabrik sudah tidak diperlukan. Karena makanan yang anda konsumsi merupakan makanan suplemen alami.


Walaupun begitu tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini banyak orang yang bergantung pada obat suplemen sebagai makanan tambahan. Ditambah lagi jika anda memiliki penyakit atau rentan terhadap sesuatu penyakit makan suplemen adalah solusi yang cepat dicari. Bagi setengah penyakit seperti jantung, stroke, liver, maag dan lain sebagainya suplemen mungkin dibutuhkan. Apalagi jika anda memiliki kolesterol LDL yang tinggi suplemen untuk menurunkan kolesterol seringkali menjadi pilihan.


Namun, sebelum anda mengkonsumsi sumplemen penurun kolesterol ada baiknya jika anda memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:



Makanan Suplemen alami terdapat dalam menu makanan kita sehari-hari


Perhatikan menu makanan anda setiap hari apakah kebutuhan akan gizinya sudah lengkap. Jika anda lebih banyak mengkonsumsi daging atau lemak ketimbang sayur dan buah, bisa dipastikan bahwa kolesterol anda akan naik setiap hari. Belum lagi aneka cemilan yang digoreng membuat kadar lemak jenuh dalam darah semakin tinggi. Sebaliknya jika menu makanan anda sehari-hari adalah terdiri dari nasi, sayur dan lauk sederhana dan dilengkapi dengan buah kaya serat maka sejatinya suplemen tambahan dari produsen kesehatan tidak anda perlukan sebab makanan anda sudah memenuhi syarat sebagai suplemen alami penurun kolesterol



Usahakan untuk mengkonsumsi makanan suplemen yang terdaftar di BPOM


Bagi anda yang menderita kolesterol tinggi suplemen tambahan mungkin diperlukan. Namun sebelum membeli hendaknya pastikan bahwa suplemen tambahan yang anda beli sudah terdaftar di BPOM. Jangan tergiur oleh iklan yang mengatakan bahwa suplemen tersebut dapat mengobati berbagai penyakit. Suplemen biasanya hanya diperuntukkan bagi satu atau dua jenis masalah kesehatan. Begitupula dengan suplemen bagi penderita kolesterol. Pilihlah suplemen yang hanya ditujukan untuk menurunkan kadar lemak tak jenuh, atau membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam pembuluh darah.



Hati-hati dalam memilih makanan suplemen bagi penderita kolesterol


Sebagai pengetahuan anda bahwa suplemen yang terdaftar di BPOM biasanya akan mengiklankan produknya sesuai dengan khasiat dari suplemen tersebut. Anda harus berhati-hati jika ingin membeli suplemen yang hanya di iklankan dari mulut ke mulut tanpa teruji dahulu secara klinis. Apalagi bagi penderita penyakit jantung koroner yang disebabkan oleh kolesterol LDL yang tinggi pemilihan makanan suplemen yang sesuai harus benar2 diperhatikan.