Makanan Pantangan Penderita Kolesterol


Makanan pantangan penderita kolesterol – menikmati aneka makanan lezat dengan menu yang beragam tentu menjadi kesukaan banyak orang. Apalagi Indonesia terkenal dengan wisata kulinernya yang beragam dari setiap daerah. Hampir setiap provinsi di Indonesia memiliki aneka makanan atau aneka jajanan khas asli dari suatu daerah. Tak heran jika kita melakukan wisata kuliner maka akan dijumpai banyak menu makanan dari bahan dan cara olahan yang berbeda.

Beragamnya menu makanan Indonesia seringkali membuat kita lupa dengan kondisi kesehatan. Padahal jika kita teliti kadang menu yang dihidangkan memiliki jumlah lemak yang tinggi sehingga menjad pemicu tersumbatnya aliran darah dalam pembuluh darah akibat dari lemak yang bertumpuk. Kesehatan adalah hal yang penting karena walaupun anda memiliki uang milyaran namun dalam kondisi yang tidak sehat tentu berapapun jumlah uang yang anda miliki tidak akan membuat bahagia sebab anda dalam kondisi sakit.

Makanan Pantangan Penderita Kolesterol

Oleh karena itu bagi anda yang penderita kolesterol tinggi disarankan untuk lebih bijak dalam memilih menu makanan. Walaupun kelihatannya anda seperti dibatasi dalam menyantap aneka hidangan yang lezat tapi itu semua adalah demi kesehatan anda sendiri. Sudah diketahui oleh umum bahwa yang menjadi penyebab utama tingginya kadar kolesterol adalah dari makanan. Disusul dengan kurangnya berolah raga, rokok, kurang istirahat, faktor genetik dan pola hidup yang tidak sehat.

Jika dilakukan penelitian terhadap 10 orang tentang jumlah kolesterol kemungkinan 8 dari 10 orang tersebut memiliki kolesterol tinggi jika makanan yang dikonsumsi setiap hari menuju pada hal tersebut. Makanan pantangan penderita kolesterol yang utama adalah lemak sapi, jerohan sapi, daging babi, aneka makanan laut, kuning telur ayam, otak sapi, telur burung puyuh. Sedangkan untuk makanan tambahan yang memiliki kolesterol tinggi adalah margarin, susu sapi, susu krim, coklat.

Walaupun kelihatannya makanan tambahan ini terlihat sepele namun sebenarnya menyimpak kolesterol yang tinggi. Contohnya saja margarin. Dalam 100mg margarin tersimpan lemak jenuh sebanyak 300mg. Sedangkan untuk susu krim dalam 200ml terdapat 280mg lemak jenuh. Kesemuanya ini secara perlahan akan bertahan dan mengendap pada pembuluh darah sehingga jantung akan lebih susah untuk memompa darah akibat tersumbatnya pembuluh darah oleh lemak yang sulit diurai.

Untuk anda yang sudah mengetahui apa saja makanan pantangan penderita kolesterol disarankan untuk mengurangi jumlah mengkonsumsinya setiap hari. Lakukan secara perlahan, pasang target pada diri sendiri bahwa anda mampu untuk mengurangi atau bahkan sama sekali tidak mengkonsumsi makanan tinggi kolesterol demi kesehatan anda. Sebagai penggantinya pilihlah makanan kaya serat dan rendah lemak untuk menaikkan kadar kolerterol baik dalam tubuh anda agar hidup lebih sehat dan bahagia.

Makanan Pantangan Penderita Kolesterol

Jangan makan makanan yang digoreng, terutama dengan minyak tinggi kolesterol
Hindari makanan bersantan
Makanan mengandung telur dan mentega
Organ hewan seperti hati, otak, usus, dll)