Menu Sahur Samgyetang Khas Korea

foto: albinogoth.files.
Samgyetang merupakan salah satu menu kuliner khas Korea yang juga cocok digunakan sebagai salah satu menu hidangan santap saur. 

Bentuk kuliner ini merupakan sup ayam dengan campuran bumubu merica dan garam yang khas. Pada saat bangun untuk sahur, seringkali mata kita harus dibangunkan dengan sentuhan kehangatan makanan yang menghilangkan kantuk. 

Ada orang yang memilih rasa pedas untuk membuat santap sahurnya lebih berkesan, dan ada juga yang memilih makanan-makanan hangat untuk menghilangkan kantuk pada saat sahur. 

Samgyetang merupakan menu lauk hangat berupa sup ayam dengan nilai gizi yang tinggi karena sudah dicampur dengan bahan-bahan khusus khas Korea. 

Bagaimana cara memasak kuliner ini? kamu tak perlu bingung, karena saat ini sudah tersedia bumbu masakan Samgyetang secara instan di super market. Pastikan lebih dulu kehalalan bumbu tersebut, lalu kamu bisa memasaknya sendiri di rumah. Berikut ini bahan-bahan dan cara membuatnya: 

Bahan-bahan: 

1. Ayam segar dipotong-potong dengan ukuran sedang, kalau kamu ingin yang special, bisa dengan memilih ayam kecil 1 ekor utuh. 

2. bungkus bumbu Samgyetang yang bisa dibeli di supermarket 

3. 10 siung bawang putih, kupas dan geprek 

4. 50 gram beras ketan, rendam lebih dulu selama 15 menit 

5. 5 gelas air putih 

6. 1 batang daun bawang, potong halus 

7. Garam dan merica bubuk sesuai selera 

8. Ginseng dan jujuba 

Cara Membuat: 

Sediakan panci yang sudah diisi 5 gelas air. Masukkan potongan daging ayam yang sudah dibersihkan. Masukkan 10 siung bawang putih, beras yang sudah direndam, ginseng, merica, garam dan jujuba. Didihkan hingga daging ayam terlihat masak. Setelah daging empuk dan air telah mendidih, matikan kompor. Tambahkan irisan daun bawang ke dalam panci. Untuk menambah aroma yang lebih special, bisa ditambahkan dengan bawang goreng. Untuk penyajian, agar rasanya lebih bersensasi, bisa ditambahkan kecap dan saus serta kerupuk. 

Sajian masakan berkuah ini sangat cocok untuk hidangan sahur yang menggugah selera dan membuka kedua mata yang masih mengantuk.