Tips Berpuasa Untuk Ibu Hamil


Tips Berpuasa Untuk Ibu Hamil. Selama ibu hamil sudah melakukan pemeriksaan serta dinyatakan sehat dan sudah dikonsultasikan dengan ahlinya, maka ibu hamil diperbolehkan untuk melakukan puasa khususnya selama bulan suci Ramadhan. Puasa ibu hamil tentunya akan sangat berbeda ketika tidak sedang hamil, diperlukan tips tips khusus supaya puasa yang sedang dijalani benar - benar menjadi sebuah ibadah yang barokah serta juga tetap menjadikan kandungan yang sedang dijalani senantiasa sehat. Berikut ini Tips Berpuasa Untuk Ibu Hamil di bulan Ramadhan:


Tips Berpuasa Untuk Ibu Hamil

Tips Berpuasa Untuk Ibu Hamil - Ketika Sahur

  1. Saat sahur, pilihlah makanan yang banyak mengandung protein dan lemak dalam jumlah yang cukup. Kedua jenis zat gizi ini bisa bertahan lebih lama di pencernaan hingga memperlambat rasa lapar di siang hari. Sebaiknya ibu hamil juga banyak mengkonsumsi daging. Daging adalah makanan yang mengandung kalori dan protein sangat tinggi yang bisa disimpan tubuh dalam waktu yang cukup lama.
  2. Usahakan pula makanan yang kaya vitamin C dan mineral seng (zinc) untuk menjaga vitalitas tubuh.
  3. Jangan mengkonsumsi makanan manis ketika sahur supaya tubuh tidak lemas serta cepat merasa lapar akibat insulin shock.
  4. Sebaiknya hingga waktu sahur habis, usahakan minum air putih sebanyak - banyaknya. Jika bisa minum air putih selama sehari itu sebanyak dua liter. Serta ditambah dengan segelas susu hangat. Minum segelas susu setiap sahur dapat mengurangi ancaman anemia bagi puasa  ibu hamil.

Tips Berpuasa Untuk Ibu Hamil - Ketika Berpuasa

  1. Jalani puasa dengan niat serta tekad yang bulat dan ikhlas agar hari - hari berpuasa terasa ringan serta membahagiakan meski sedang hamil.
  2. Istirahat yang cukup. Bila memungkinkan sediakan lebih dari porsi istirahat sebelumnya.
  3. Kurangi aktivitas yang membutuhkan energi ekstra, misalkan aktivitas di lapangan atau pikiran yang berat-berat. Sedapat mungkin ibu hamilsaat berpuasa untuk menghindari stres dan buang jauh kebiasaan atau dorongan untuk marah.

Segera batalkan puasa jika ibu hamil mengalami:

  • Muntah-muntah lebih dari 3 kali yang dikhawatirkan menyebabkan terjadinya dehidrasi.
  • Mengalami diare yang diikuti rasa mulas dan melilit
  • Mimisan yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah pertanda kondisi tubuh sudah tidak stabil
  • Lemas, pusing diikuti dengan mata yang berkunang-kunang pertanda hipoglikemia dikhawatirkan janin mengalami kekurangan gizi.
  • Mengalami keringat berlebih khususnya keringat dingin pertanda bahwa tubuh bahwa kondisi fisik ibu hamil sudah tidak kuat lagi untuk berpuasa

Tips Berpuasa Untuk Ibu Hamil - Saat Berbuka Puasa

  1. Awali berbuka puasa dengan minuman hangat serta manis untuk meningkatkan kadar gula darah, tetapi ibu hamil juga harus tetap membatasi makanan dan minuman yang manis. Hindari minuman dingin karena dapat menurunkan kerja lambung.
  2. Setelah itu ibu hamil bisa melanjutkan dengan menyantap makanan yang mengandung karbohidrat simpleks sehingga lebih mudah diserap tubuh, seperti kolak atau  kurma.
  3. Sesudah shalat magrib, makanlah dengan porsi yang lebih besar, tapi jangan langsung sekaligus. Makan dalam jumlah besar sekaligus dapat membuat tubuh Anda lemas. Karena itu, makan secukupnya saja. Seusai shalat tarawih, usahakan untuk makan kembali walau hanya sedikit.
  4. Sebelum tidur, untuk membantu produksi ASI, cobalah makan makanan ringan dengan minuman hangat.

Sekian artikel tentang Tips Berpuasa Untuk Ibu Hamil. Semoga bermanfaat.