Benarkah Air Garam dalam Baskom Bisa Memicu Hujan?

Musim asap yang tak kunjung sudah membuat banyak beredar informasi tak jelas di sosial media. Termasuk salah satunya ajakan untuk bersama-sama membuat air garam pada baskom lalu diletakkan di atas atap rumah untuk mempercepat terjadinya hujan. Ajakan ini meluas disebarkan para pengguna sosial media dengan tidak mengetahui apakah benar atau tidak. Staf Sie Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta Indah Retno Wulan, Ahad (13/9), menjawabnya. 

"Garam baru bisa memberikan pengaruh terhadap potensi hujan jika disemai di atmosfer. Tapi kalau cuma diletakkan di bawah, tidak ada efeknya," katanya. 

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta memperkirakan awal musim hujan baru akan terjadi pada minggu ke dua November akibat pengaruh fenomena El-Nino yang masih ada di level menengah hingga kuat. 

"Kondisi tersebut berimbas terhadap mundurnya musim hujan. Biasanya awal musim hujan jatuh pada minggu pertama November. Namun tahun ini diperkirakan mundur sekitar minggu kedua November hingga minggu pertama Desember," kata Indah.