Sebut Udara Riau Tak Berbahaya, Menkes Didemo Mahasiswa

Pernyataan Menteri Kesehatan yang mengatakan udara di Riau tidak berbahaya melukai perasaan banyak pihak di Riau, termasuk kalangan mahasiswa. Imbasnya mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas di Riau menggelar aksi unjukrasa di depan gedung DPRD Riau, Kamis (17/9/2015) meminta presiden segera mencopot menteri Kesehatan RI. 

"Kalau menteri ingin merasakan, bawalah keluarga mentri itu ke sini. Biar dia merasakan apa yang kami rasakan. Apa kami harus mati dulu baru di sebut kategori bahaya. copot mentri kesehatan, copot menteri kesehatan,”teriak pengunjuk rasa berulang-ulang. 

Tak lama berorasi, mereka langsung di sambut Wakil Ketua DPRD Riau Sunaryo, Manahara Manurung serta Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Tampak juga hadiri beberapa tokoh masyarakat yang Pekanbaru. Sunaryo selaku Ketua DPRD Riau mengatakan apa yang dirasakan para mahasiswa dan masyarakat Riau,sama dengan apa yang di rasakannya. 

"Apa yang menjadi perjuangan adik-adik mahasiswa sama dengan apa yang kami rasakan,kami juga terganggu dengan asap ini. Kami sangat mengapresiasi tuntutan adik-adik,"kata Sunaryo dalam sambutannya di ruang Medium DPRD Riau. 

Bukan hanya Sunaryo, Arsyadjuliandi Rachman selaku Plt Gubernur Riau berjanji akan menyampaikan langsung kepada presiden tentang tututan para pengnjuk rasa. 

 "Saya akan langsung menyampaikan tutuntan ini kepada presiden dan penanggulangan asap ini,"kata Andi.