Waduh, Rata-Rata Orang Indonesia Plototi Smartphon 5,5 Jam Sehari

Pengguna smartphone di Indonesia tercatat sebagai pengguna terbesar kedua setelah penonton televisi. Dalam hasil sebuah penelitian diketahui rata-rata waktu orang Indonesia dalam sehari sebanyak 5,5 jam dihabiskan untuk menatap ponsel smartphone. Waktu tertinggi penggunaan smartphone masyarakat Indonesia yakni sore hingga malam hari. Hal tersebut diungkapkan oleh Google Indonesia melalui hasil survei yang dilakukannya di lima kota besar di Indonesia pada periode Desember 2014 hingga Februari 2015. 

"Tren sekarang orang sudah mulai beralih ke mobile," ujar Henky Prihatna, Country Industry Head Google Indonesia saat dijumpai di kantor Google Indonesia di Jakarta, Kamis (3/9/2015). 

Jika dibandingkan dengan pengguna PC, survei yang dilakukan Google Indonesia menunjukkan bahwa rata-rata orang Indonesia saat ini menghabiskan waktu di depan komputer selama 1,8 jam per hari. Jika dibuat persentasenya, pengguna smartphone yang disurvei Google Indonesia unggul dengan jumlah 61 persen, sementara pengguna PC hanya 17 persen. 

Henky menyebut penetrasi smartphone yang tinggi dan layanan internet yang kian merata dan terjangkau adalah alasan di balik tingginya pengguna smartphone di Indonesia.