4 Unsur Kimia Resmi Dapat Simbol dan Nama dari IUPAC

Setelah resmi masuk dalam system priodik unsure, kini empat unsur kimia baru kini telah memiliki nama dan simbol resmi di International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC). 

Setelah ulasan selama lima bulan, para ahli kimia yang tergabung dalam IUPAC ini menyepakati empat nama untuk unsur super berat dengan nomor atom 113, 115, 117 dan 118. 

Dilansir dari Livescience, Unsur 113, diberi nama Nihonium (Nh), unsur dengan nomor atom 115 diberi nama Moscovium (Mc), unsur 117 diberi nama Tennessine (Ts) dan unsur 118 diberi nama Oganesson (Og). 

IUPAC mengumumkan, pada bulan Januari 2017, empat unsur ini akan resmi masuk di tabel periodik unsur. Namun, ketika masuk di tabel periodik ini, unsur-unsur tersebut tetap belum bernama. 

Pada bulan Juni 2017 mendatang, barulan nama-nama baru ini akan diumumkan secara resmi oleh IUPAC. Selama lima bulan, IUPAC masih memberikan kesempatan kepada para ahli untuk memberi saran atau masukan mengingat nama-nama unsur baru ini akan digunakan di seluruh dunia dan memiliki bahasa publik. 

"Ini adalah sebuah kehormatan mengingat begitu banyak orang yang tertarik memberikan nama bagi undsur-unsur ini, termasuk siswa-siswa SMA. Akan sangat bangga jika mereka bisa membuat essai untuk berpartisipasi dalam diskusi nama ini," ujar Jan Reedijk, presiden IUPAC untuk divisi Kimia Anorganik. 

Ilmuwan di Jepang mengusulkan nama Nihonium (113) untuk mengabadikan nama Jepang dalam sistem periodik unsur. 

Nama untuk unsur 115 dan 117 diusulkan oleh periset gabungan dari peneliti Rusia. Nama Moscovium dan Tennessine mengacu pada daerah di mana unsur itu berhasil diciptakan. 

Sementara, nama Oganesson untuk unsur dengan nomor 118 ini diusulkan untuk menghormati Yuri Oganessian yang berkontribusi dalam berbagai penelitian mengenai unsur sehingga banyak berjasa di bidang fisika nuklir. 

Keempat unsur ini adalah unsur sintetis yang hanya dapat diproduksi di laboratorium, dan akan meluruh dalam hitungan detik. 

Sampai saat ini, unsur 113, 115, 117, dan 118 memiliki nama dan posisi sementara di baris ketujuh dari tabel periodik. Alhasil, baris ketujuh dalam SPU kini telah lengkap.