Spesifikasi Samsung Galaxy S8

Samsung disebut-sebut segera meluncurkan Galaxy S8. Perusahaan tenologi asal Korea Selatan itu bakal memeperkuat fitur kamera depan dalam flagship terbaru itu. 

Seperti dilansir Ubergizmo, Rabu (30/11) berbeda dari kebanyakan OEM yang kerap memperkuat kamera belakang, Galaxy S8 justru berfokus pada kamera depan. 

Samsung akan memperkuat fitur kamera depan S8 dengan autofokus. Autofokus, laser autofokus, dan phase detection autofokus merupakan fitur yang biasa dipakai pada kamera belakang. 

Ini digunakan untuk membuat kualitas gambar yang dihasilkan lebih maksimal. Samsung akan memasukan semua fitur tersebut dalam kamera depan mereka untuk memaksimalkan pengalaman selfie pengguna. Teknologi itu akan membantu kamera untuk melakukan fokus berdasarkan analisis jarak yang akurat. 

Diduga langkah ini diambil lantaran kegagalan yang dialami pada Galaxy S7 yang kerap meledak. Kehadiran Galaxy S8 menjadi hal penting untuk mengembalikan kredibilitasnya. 

Sementara, Galaxy S8 disebut-sebut menggunakan prosesor Snapdragon 835 yang merupakan chip terbaru dan terkuat dari Qualcomm. 

Kinerja ponsel juga ditopang dengan kapasitas 6GB RAM dan opsi memori internal 256 GB. Ponsel flagship keluaran Samsung, Galaxy S8 dikabarkan akan memakai desain all-screen. Umumnya, ponsel pintar dilapisi kaca di bagian depan. 

Dibalik kaca tersebut terdapat bingkai hitam di sekeliling ponsel, yang menampung berbagai bagian seperti earpiece, sensor proxomity, kamera depan dan home button. 

Samsung ingin menghilangkan bezel tersebut. Laporan Bloomberg mengatakan Samsung akan mengganti home button tradisional dengan tombol virtual yang ditanam di bagian bawah kaca. 

Belum jelas apakah itu seperti capacitive key seperti yang terdapat di ponsel Android lainnya atau pressure-sensitive seperti yang dimiliki Apple 3D Touch. 

Selain itu, dikabarkan akan ada lebih dari satu S8, berlayar 5,1 inci seperti S7 dan 5,5 inci seperti S7 Edge. 

Generasi mendatang ponsel flagship Samsung akan memiliki desain lengkung wraparound. Ponsel ini dikabarkan akan memakai chip Snapdragon 835 dari Qualcomm. 

Samsung akan memakain bantuan suara yang berbeda dengan ponsel yang beredar di pasar. Samsung juga dikabarkan akan menghilangkan jack headphone, menambah port USB-C namun tidak mengubah resolusi dari ponsel keluaran 2016, dikutip dari laman The Verge.