Mengenal Keindahan Wisata Danau Raja Indragiri Hulu

Salah satu wisata air yang terkenal di Kabupaten Indragiri Hulu adalah Danau Raja. Sebuah danau kecil yang terletak di Kecamatan Rengat, Kota Rengat sebagai ibu kota Kabupaten Indragiri Hulu. 

Danau Raja memiliki air yang yang cukup jernih, pada sebagian airnya tampak bunga-bunga teratai yang bermekaran indah. 

Sementara di bagian tepian danau dihiasi dengan pohon-pohon besar yang rimbun, sehingga sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga atau orang-orang tercinta. 

Danau ini ramai dikunjungi orang pada hari libur, untuk sekedar melepas kepenatan usai bekerja, warga Kota Rengat rehat di bawah pohon-pohon yang rindang dan angin yang cukup menyejukkan. 

Dalam sejarahnya, Danau Raja dikenal sebagai tempat pemandian raja Indragiri. Sehingga namanya disebut sebagai danau raja. 

Di seberang danau ini terdapat bangunan istana yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Indragiri. Bagi wisatawan yang ingin melihat bukti sejarah kerajaan Indragiri bisa mengunjungi danau dan melihat langsung peninggalan istananya. 

Selain itu, di bagian samping danau ini, kita juga bisa menemukan bukti sejarah lainnya, yakni makam Raja Narasinga II sebagai bukti sejarah otentik kerajaan di Indragiri. Danau raja dijadikan sebagai tempat pelaksanaan acara-acara akbar daerah. 

Seperti misalnya pelaksanaan MTQ Provinsi yang dibuat dengan astaka di atas danau yang indah. Pelaksanaan pemilihan raja dan ratu Indragiri hingga acara-acara tradisional seperti pacu sampan. 

Hal yang juga istimewa adalah di dekat lokasi danau terdapat beberapa penginapan serta fasilitas akomodasi yang cukup lengkap. 

Sebab danau ini terletak di bagian kota Rengat sehingga tak sulit bagi pengunjung untuk menemukannya. Pertama kali akan memasuki kota Rengat, di bagian sisi kiri jalan akan terlihat danau yang terbentang luas dengan air yang bewarna hijau kebiruan. 

Untuk bisa mengunjungi Danau Raja, bisa ditempuh sekitar 4 hingga 5 jam perjalanan darat dari arah Kota Pekanbaru. Masuk ke kawasan ini free, alias tidak berbayar. 

Jika ingin lebih menikmati suasana di Danau Raja, maka sebaiknya memilih berkunjung dari hari kerja karena lebih sepi dan tenang tentunya.