3 Alasan Kamu Harus Ngopi

Jika selama ini Anda selalu tutup mata dengan minuman kopi, mungkin saatnya kini harus sedikit lebih membuka diri. 

Sebab memang cukup banyak manfaat minum kopi, terutamabagi para pekerja, profesional dan sebagainya yang membutuhkan fokus dan konsentrasi yang tinggi dalam bekerja. 

Bagaimana alasannya jika soal kesehatan? Ada banyak cara mensiasatinya. Misalnya jika Anda takut resiko ginjal, maka bisa meminum air putih dalam jumlah banyak setiap kali selesai ngopi, atau jika Anda penderita maag misalnya, bisa memilih jenis kopi robusta dan yang disangrai tidak terlalu hitam. 

Masih banyak tips-tips lain yang bisa Anda lakukan untuk menghindari resiko kesehatan minum kopi. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang membuat Anda penting untuk meminum kopi, diantaranya adalah: 

1. Meningkatkan fokus dan konsentrasi 

Pekerjaan yang berat dan menumpuk dari pagi hingga malam membutuhkan konsentrasi dan fokus yang lebih banyak. Maka solusinya ada di secangkir kopi. Kopi akan membuat Anda lebih bisa konsen dalam mengerjakan sesuatu dengan semangat yang lebih tinggi. Jika Anda pekerja, atau orang yang selalu disibukkan dengan deadline kerja, saatnya kini memilih secangkir kopi kesukaan. 

2. Menambah stamina tubuh 

Kafein juga memberikan efek untuk Anda lebih terlihat aktif dengan stamina yang lebih. Bagi yang bekerja fisik akan membuat pekerjaan lebih ringan, misalnya para tukang, petani, pekerja lapangan dan sebagainya. Bagi mereka yang bekerja di kantor akan membuat penampilan lebih energik. Terutama jika Anda seorang atasan, maka perlu menjadi contoh yang baik untuk bawahan. 

3. Mencegah kantuk 

Lagi-lagi kafein dibutuhkan untuk kondisi yang sulit. Misalnya Anda diburu deadline dan harus menuntaskan pekerjaan di malam hari. Maka kopi menjadi sahabat yang paling Anda butuhkan. Yang tidak baik jika setiap malam Anda begadang meminum kopi. Jika sekali-kali saja, maka kopi akan menjadi pilihan yang paling tepat. 

Untuk mencegah resiko kesehatan lainnya, meminum kopi bisa dilakukan tanpa gula. Tentunya rasanya akan pahit bukan? 

Salah satu cara mensiasatinya adalah dengan mencari single origin yang asli dan pilihan. Aromanya akan tercium wangi dan dalam kondisi pahit pun akan terasa sedap di lidah. 

Selain itu Anda juga harus mencari jenis kopi alami, bukan kopi instan kemasan yang banyak beredar di pasaran. Kopi instan umumnya sudah dicampur banyak bahan lainnya yang sudah mengurangi kualitas dari kopi tersebut. 

Kopi yang bagus ialah kopi alami yang masih segar dan baru disangrai. Waktu konsumsi ideal setalah disangrai yakni berkisar 7 hingga 10 hari. 

Kopi alami sebaiknya tidak dikonsumsi jika usianya telah lebih dari sebulan. Kopi alami yang segar tentunya akan lebih nikmat dirasakan, meskipun tanpa gula. 

Siap untuk menikmati sejuta kenikmatan mengkonsumsi kopi?