4 Kuliner Khas Melayu Riau Yang Menggugah Selera

Jalan-jalan ke Riau belum lengkap rasanya kalau belum mencicipi aneka kuliner khas Melayu Riau. Mulai dari masakan hingga makanan oleh-oleh yang bisa Anda jadikan buah tangan saat pulang ke daerah asal. Siapa bilang Riau tak kaya dengan pariwisata. 

Salah satu wisata yang cukup menggoda untuk dinikmati di Riau adalah wisata kuliner. Berikut ini beberapa jenis wisata kuliner yang bisa Anda coba selama berkunjung ke Riau: 

1. Asam Pedas Ikan Patin 

Ikan patin merupakan jenis ikan air tawar khas Riau. Jika ingin tau kenikmatan olahan masakan ikan patin, maka disarankan Anda menikmati asam pedas ikan patin yang dimasak oleh tangan orang Melayu Riau. 

Asam pedas rasanya sedikit asam dan pedas dengan sentuhan daging ikan patin yang padat dan lembut. Sangat cocok dinikmati di musim cuaca yang panas yang mendominasi cuaca di Pekanbaru. 

Bagi sebagian orang ikan patin akan terasa sedikit amis, namun jika Anda menikmati asam pedas ikan patin yang khas sebagai masakan Melayu Riau, maka rasanya akan membuat Anda ketagihan. 

2. Gulai Baung 

Riau dikenal dengan aneka masakan sungai yang khas. Selain patin, jenis ikan air tawar lainnya yang juga tak kalah nikmatnya adalah ikan baung. 

Olahan ikan baung yang paling terkenal adalah gulai ikan baung. Menikmati gulai ikan baung yang masih segar dan manis bisa Anda temukan di daerah Ujung Batu Rokan Hulu. 

Umumnya di daerah ini gulai ikan baung dijadikan sebagai menu unggulan untuk menyambut para tamu-tamu istimewa yang datang dari luar daerah. 

Selain dari Ujung Batu Rokan Hulu, Indragiri Hulu juga dikenal menghasilkan kuliner gulai baung yang sedap dan berkesan di lidah pecinta kuliner ikan. 

3. Lontong Bengkalis 

Untuk jenis makanan ringan atau menu sarapan, Anda bisa menikmati kuliner lontong Bengkalis yang cukup istimewa. Lontong Bengkalis yang asli bisa Anda nikmati di Bengkalis. 

Bumbunya lebih nikmat, campuran bahannya lebih banyak dengan rasa taburan cabe rawit yang menggugah selera. 

Di beberapa tempat di Kota Pekanbaru sudah dibuka jenis kuliner ini, namun rasanya masih bervariasi dan berbeda dari daerah asalnya. 

4. Olahan mie sagu 

Mie sagu menjadi salah satu andalan kuliner khas daerah Selatpanjang Kepulauan Meranti dan Bengkalis. Jika ingin menikmati masakan mie kuah atau mie goreng dari mie sagu maka akan lebih nikmat rasanya yang berasal dari daerah Selatpanjang dan Bengkalis. 

Meskipun demikian, mie ini banyak dijual di pasaran di seluruh Riau. Anda bisa membelinya dan mengolahnya sendiri. Mie sagu dikenal memiliki banyak manfaat. Digunakan sebagai terapi mereka yang menderita penyakit maag. 

Untuk jenis oleh-oleh khas Riau cukup banyak yang bisa Anda jadikan buah tangan. Diantaranya seperti keripik nenas, keripik nangka, keripik ubi, bolu komojo, lapek bugih, kue bangkit, lempuk durian dan sebagainya. 

Makanan oleh-oleh khas Riau bisa Anda dapatkan di gerai-gerai sepanjang kota setiap kabupaten kota. Di Pekanbaru Anda bisa menemukannya di beberapa supermarket atau gerai khusus oleh-oleh khas Riau.