Anda Sering Tertipu Belanja Fashion Online? Ini Sebabnya

Banyak orang sering mengeluh saat membeli fashion seperti baju, tas, sepatu dan lain-lain yang dilakukan secara online. Pasalnya terkadang, selain barang yang tak sampai, barang yang dipesan juga tak sesuai dengan foto yang dipajangkan. 

Belum lagi soal ukuran. Akibatnya sampai saat ini masih banyak orang yang tetap senang belanja offline. Mereka rela berkeliling kota seharian untuk mencari produk barang yang sesuai dengan ukuran dan selera mereka. 

Mengapa banyak orang yang sering kecewa saat belanja fashion online? Salah satunya karena masih kurangnya informasi tentang banyak hal. 

Banyak orang yang belum paham bagaimana sebenarnya mekanisme belanja online, apa saja yang harus diketahui sebelum berbelanja online. 

Berikut ini beberapa penyebab yang paling sering terjadi dan mengakibatkan seseorang kecewa belanja fashion secara online: 

1. Tidak mengetahui jenis-jenis bahan 

Jika Anda memutuskan untuk belanja online semisal baju, Anda harus tahu jenis bahan yang akan Anda beli. Jangan hanya terpesona dengan foto yang ditawarkan penjual. 

Sebab untuk barang kw misalnya, foto yang ditampilkan bukan lah foto asli, melainkan foto dari produk butik yang branded. Sehingga bentuknya jelas berbeda. Jadi sebelum membeli, pastikan Anda mengetahui jenis bahan dan baju tersebut. 

2. Tidak mengetahui ukuran tubuh sendiri 

Sebelum belanja, Anda harus tau berapa ukuran lingkar dada, panjang badan atau ukuran sepatu misalnya jika membeli sepatu. 

Jika sudah tepat maka tak akan jadi masalah, tapi mereka yang belanja online tanpa mengetahui ukuran sendiri umumnya akan merasa kecewa dengan produk yang dibeli. 

3. Alamat yang tidak lengkap 

Sebagian penjual akan mengkonfirmasi jika alamat yang diberikan tidak lengkap, namun ada juga yang diam saja dan tetap mengirimkan barang. Selain memang resiko penipuan dari penjual, terkadang salah satu sebab barang tak sampai adalah memang karena alamat yang diberikan tidak lengkap. 

Sehingga barang tersesat, sementara mungkin pihak penjual tidak bertanggung jawab terhadap pengiriman tersebut. Maka terjadilah barang hilang, barang tak sampai dan seterusnya. 

Pastikan jika Anda ingin mengirim alamat lengkapi dengan nama jalan, nomor rumah, RT/RW, desa/kelurahan, kecamatan, nama kota, kode pos dan nomor hp yang bisa dihubungi pihak jasa pengiriman. 

4. Belanja tergoda harga murah 

Jangan mudah tergiur harga murah jika Anda tak tau toko yang akan Anda jadikan sebagai tempat belanja tersebut terpercaya atau tidak. Umumnya toko online gratis menjadi tempat yang paling mudah untuk orang melakukan penipuan. 

Atau blog dengan domain gratis juga cukup rentan dijadikan sebagai tempat penipuan para penjual. Oleh karena itu, sebaiknya jika ingin berbelanja Anda harus memastikan bahwa toko bersangkutan memang terpercaya. 

Salah satu caranya dengan melihat kualitas toko onlinenya. Jika permanen dan berbayar, maka kemungkinan kecil untuk toko tersebut melakukan penipuan. 

5. Hilangkan kecurigaan dengan memilih yang tepat 

Saat belanja online Anda harus yakin dengan pilihan yang terbaik. Jangan terlalu curiga pada setiap pedagang hingga mungkin Anda akan membuat si pedagang yang jujur merasa tersinggung. Anda harus pintar menilai seseorang yang serius berdagang atau sekedar menipu. 

Mereka yang telah eksis sekian lama untuk berdagang online kemungkinan kecil mereka penipu, karena lamanya waktu tersebut menunjukkan mereka serius untuk berbisnis. 

Toko online penipu biasanya cenderung gonta ganti nama, menawarkan harga yang murah, alamat tak jelas serta usia toko biasanya sebentar saja karena ia tak serius berdagang, hanya ingin menipu saja. 

Toko online penipu juga bisanya tidak mengetahui banyak informasi tentang barang yang dia jual, karena ia sendiri sebenarnya bukan pedagang, melainkan penipu. 

Nah, jika Anda pintar mengetahui tips dan trik belanja fashion online, maka Anda justru akan malas belanja offline. Selain capek keliling mall dan kota, harga juga jauh lebih mahal. Belanja online fashion akan sangat asyik jika Anda tau tipsnya. 

Semakin lama berbelanja online, tentunya Anda akan semakin banyak mendapatkan pengalaman yang bermanfaat untuk Anda sendiri.