Temukan Pesona Wisata Air Terjun Batang Kapas yang Masih Alami

sumber gambar: www.lensawisata.com
Berkunjung ke tempat wisata alam yang masih asri tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para pecinta alam. Salah satu destinasi wisata yang belum banyak diketahui adalah Air Terjun Batang Kapas. Lokasi air terjun terletak di Desa Lubuk Bigau Kampar, Riau. 

Air Terjun Batang Kapas memiliki ketinggian lebih kurang 150m dan digadang-gadang merupakan yang tertinggi di wilayah Sumatera bagian tengah. Hal ini tentunya dapat menjadi salah satu objek wisata terkenal jika mendapat publikasi yang optimal. Namun akses menuju tempat lokasi menjadi kendala utama sehingga masyarakat luar belum mengetahuinya.

Untuk menuju ke lokasi air terjun dapat dilalui dengan kendaraan roda empat, dilanjutkan dengan berjalan kaki. Pemandangan di sekitarnya yaitu hutan hujan yang masih alami akan menjadi kenangan yang memesona.

Kabupaten Kampar yang ada di Riau merupakan salah satu kabupaten yang memiliki banyak kawasan wisata menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah yang berada di kawasan perbatasan antara Sumatera Barat dan Riau, yakni air terjun Batang Kapas atau Air Terjun Hulu Air Batang Kapas. Air terjun ini berada di kawasan Desa Lubuk Bigau, dekat dengan Sumatera Barat.

Untuk sampai ke sana, pengunjung harus menempuh waktu lama dan jalur yang sulit. Bisa melalui Desa Lipat Kain, Provinsi Riau, Desa Taram Kecamatan Harau, Sumbar dan bisa juga melewati Desa Menggilang atau tidak jauh dari lokasi Bandrek House di jalan lintas, Sumbar.


 Air terjun Batang Kapas memiliki ketinggian di atas 150 meter. Cukup tinggi dengan pemandangan alam yang masih sangat asli. Air Terjun dengan ketinggian ratusan meter ini merupakan air terjun paling atas. Di bawahnya, atau sebelum sampai ke lokasi ini, ada dua air terjun lagi. Air terjun pertama, debit airnya kecil. Tapi, pengunjung bisa berlindung di bawah batu tempat air terjun itu mengalir. 


Sedangkan di tingkat kedua, pengunjung bisa mandi dan berenang karena memiliki lubuk yang cukup luas dan dalam. Ada lorong di antara bebatuan di pinggang bukit ini. Seluruh dindingnya adalah bebatuan yang amat luas dan tinggi. Berwarna putih kecokelatan. Sementara, air jernih terjun bebas dengan derasnya di hadapan. Hempasannya di pecahan batu-batu di bawahnya, menimbulkan gemuruh yang tiada henti. 


Para wisatawan bisa menikmati santap siang di hadapan pemandangan bukit yang hijau berlapis. Kesejukan akan terasa usai bermain dan mandi di air terjun. Menghangatkan diri dengan secangkir kopi hangat akan sangat mengasyikkan usai menikmati suasana dan dinginnya air terjun Batang Kapas tersebut.