Cara Menanam Gerbera dari Biji

Tanaman Gerbera tumbuh baik di daerah dataran tinggi dengan iklim sejuk yakni pada kisaran suhu 22-35°C. 

Pengembangbiakan tanaman ini bisa dilakukan secara generatif maupun vegetatif. Perkembangbiakan secara generatif (menggunakan biji) biasanya dilakukan untuk tujuan pemuliaan tanaman dan penelitian-penelitian. 

Sebagai panduan, berikut diberikan langkah dan cara menanam Gerbera dengan menggunakan biji (generatif): 
 
1. Pemilihan benih, pilihlah jenis benih hibrida yang memiliki daya kecambah yang tinggi serta penampilan yang bagus. 

2. Penyiapan tempat semai, bisa terbuat dari pot atau bak dengan diameter yang sesuai. Pilih lokasi yang mendapatkan penetrasi cahaya matahari yang cukup. Setidaknya 40 Watt/m2 

3. Penyiapan media semai, media semai terdiri dari campuran tanah yang subur halus, pasir dan juga pupuk kandang. Perbandingan komposisinya adalah 1:1:1. Sebelum digunakan, terlebih dahulu media tersebut disterilkan dengan cara digoreng di dalam drum atau wadah lainnya. 

4. Proses pengisian media semai, masukkan pecahan batu bata ataupun genting ke dalam tempat semai pot atau bak yang Anda pilih kira-kira 1/3 bagian dari wadah tersebut. Selanjutnya masukkan media semai yang sudah disterilisasi hingga 90% memenuhi pot atau bak. 

5. Proses penyemaian, semaikan benih garbera yang sudah dipilih ke media semai dengan membentuk baris atau jalur. Jarak antar barisan tersebut kira-kira 5 - 10 cm. Selanjutnya tutup dengan tanah tipis. Untuk menjaga kelembaban (rH 90%) proses penyemaian tersebut, tutup dengan menggunakan plastik bening atau kaca. Tunggu sampai 7 hari, benih akan tumbuh menjadi benih garbera yang berkecambah dan siap dijadikan sebagai bibit muda. 

Penting diperhatikan adalah proses pemeliharaan bibit gerbera yang telah berkecambah. Siram setiap hari benih yang berkecambah tersebut dengan air bersih. Gunakan hand spraye yang memiliki ukuran nozzle kecil dan halus. 

Apabila wadah semai yang digunakan berupa pot, maka cukup dengan merendam pot dengan air hingga bagian media tanam menjadi basah. 

Setelah bibit semaian berusia 3 minggu, siram media semai dengan campuran NPK + unsur mikro lainnya (pupuk daun). Untuk pupuk NPK dibuat dengan mencampurkan 5 - 10 gram pupuk NPK ke dalam 10 liter air. 

Sementara untuk pupuk daun disesuaikan dengan aturan di label pupuk tersebut. Setelah berusia 5 - 6 minggu, pindahkan ke wadah yang lebih besar dan perjarang barisannya. Bibit siap ditanam di kebun atau pot apabila gerbera tersebut sudah memiliki daun 3-5 helai.