5 Kebiasaan Hidup Pemicu Kanker

Pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh manusia merupakan hal yang sangat mengerikan. Kanker manjadi salah satu penyakit paling mematikan di Indonesia. 

Hampir seluruh organ tubuh manusia dapat ditumbuhi sel ini. Dan yang menjadi penyebabnya pun cukup beragam. 

Umumnya, hal yang menjadi penyebab penyakit kanker tersebut terjadi setelah dilakukan cukup lama, terakumulasi sehingga tumbuh lah sel kanker tersebut. 

Oleh karena itulah, sangat penting untuk kita mengetahui apa saja yang menjadi penyebab tumbuhnya sel kanker tersebut di dalam tubuh. Bisa jadi kita saat ini sudah melakukannya cukup lama. 

Sebelum sel itu tumbuh, maka sebaiknya sedini mungkin Anda akhiri kebiasaan itu, dan kembalilah pada gaya hidup sehat. Berikut ini beberapa kebiasaan hidup yang dapat memicu terjadinya penyakit kanker di dalam tubuh: 

1. Penggila penyedap 

Mereka yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi penyedap makanan dalam jumlah yang tinggi setiap harinya memiliki kemungkinan resiko yang lebih besar untuk mengalami penyakit kanker. 

Berbagai sel kanker bisa tumbuh, misalnya kanker payudara, kista, tumor dan sebagainya. Bahan penyedap akan menyuburkan sel kanker tumbuh di dalam tubuh. 

2. Mereka yang tak suka sayur dan buah 

Sayur dan buah memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang akan mampu mengikat radikal bebas penyebab terjadinya sel kanker. 

Oleh karena itu, mereka yang sudah divonis menderita penyakit kanker tertentu umumnya adalah mereka yang tak suka dengan sayur dan buah sehingga kondisi radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh akan sulit dikontrol. 

3. Penyuka gorengan, makanan siap saji dan sebagainya 

Makanan menjadi sumber utama terjadinya penyakit kanker. Ada banyak jenis makanan yang dapat menyuburkan sel kanker tumbuh, seperti makanan yang digoreng dengan minyak yang tak sehat, makanan yang menggunakan pengawet, makanan yang dibakar, makanan berlemak, daging olahan dan sebagainya. Kembalilah pada makanan yang sehat, perbanyak konsumsi sayur dan buah serta air putih. 

4. Faktor keturunan 

Genetika juga bisa menjadi penyebab terjadi kanker pada diri seseorang. Mereka yang memiliki faktor keturunan kanker haruslah melakukan gaya hidup dan pola makan yang baik sehingga mampu meminimalkan resiko terjadinya penyakit kanker dalam tubuh. 

5. Rokok dan minuman keras 

Dua gaya hidup yang juga dapat memicu terjadinya penyakit kanker adalah minuman keras dan rokok. Ke dua benda ini secara perlahan akan menjadi penyebab kerusakan organ dalam tubuh, sehingga resiko untuk mengalami penyakit kanker akan jauh lebih besar. 

Makanlah makanan yang sehat, jangan berlebihan dan tinggalkan gaya hidup tak sehat. Minum lah minuman yang sehat seperti jus, air putih dan sebagainya. Ada banyak orang yang tak selamat dari penyakit kanker, maka saatnya kini Anda memulai hidup yang lebih baik.