8 Jenis Makanan Penurun Kolesterol

Jika Anda mengkonsumsi banyak daging pada Hari Raya Idul Adha maka Anda harus memikirkan bagaimana cara untuk menurunkan kolesterol di tubuh Anda. 

Konsumsi beberapa jenis sayur dan buah ternyata terbukti efektif menurunkan kolesterol. Berikut ini beberapa jenis makanan sayur dan buah yang bisa membantu Anda dari masalah kolesterol tersebut. 

1. Juice Brokoli. 

Sayuran ini dapat menurunkan kolesterol. Serat brokoli akan mengikat asam empedu di dalam saluran pencernaan dan kandung kemih. Bisa dimakan mentah sebagai salad, sup, atau tumis jamur. Bisa dikukus untuk dimakan matang, atau bisa dibuat juice. 

2. Minyak Zaitun/Olive Oil. 

Minyak Zaitun mengandung campuran antioksidan yang dapat menekan kolesterol jahat tanpa mengganggu kadar kolesterol baik (HDL). Minyak Zaitun mengandung low-density lipoprotein yang berguna untuk menurunkan kolesterol.

Minyak Zaitun yang paling sempurna (asli) biasanya mengandung extra virgin yang tertera dalam kemasan botolnya. Disarankan untuk mengonsumsi 2 (dua) sendok minyak Zaitun, yang dapat dimakan langsung atau dikombinasikan dalam bentuk menu sajian makanan. 

3. Jeruk Lemon. 

Jeruk lemon banyak mengandung Vitamin C dan memiliki senyawa untuk mengurangi produksi apo-B yaitu sejenis zat yang memicu bertambahnya kolesterol dalam darah. Juga terdapat antioksidan yang berkontribusi mengurangi oksidan LDL. 

4. Buah Anggur. 

Anggur ini memiliki senyawa flavonoid yang berguna untuk penurunan kolestrol, mencegah penggumpalan darah dan menangkal kerusakan akibat masuknya radikal bebas. Buah ini mengandung banyak serat dan memiliki zat catechin yang dapat menurunkan kolesterol. 

5. Jeruk Nipis. 

Jeruk mengandung zat flavonoid, yang merupakan senyawa yang mampu menghambat produksi LDL. Flavonoid terdapat juga di teh, brokoli, tomat, bawang berlapis serta buah delima. 

6. Buncis. 

Buncis adalah sayuran rendah lemak (mengandung lemak tak jenuh ganda) dan merupakan sumber karbohidrat yang dibutuhkan penderita diabetes atau resistensi insulin. 

Juice buncis sekitar satu gelas setiap hari akan membantu menjurunkan LDL, trigleserida dan kolesterol jahat. 

7. Bayam. 

Hijauan ini mengandung zat lutein yang berguna bagi kesehatan mata. Selain itu bayam juga berfungsi sebagai pelindung kesehatan jantung dan melindungi jantung dari lemak yang ada pada pembuluh darah. Bayam merupakan sayuran penurun kadar kolesterol dalam tubuh. 

Bayam bisa dimasak sebagai sup, atau dibuat juice. Dianjurkan makan semangkuk sup bayam atau segelas juice setiap hari, selain kolesterol, bayam juga menjadi makanan penurun darah tinggi yang ampuh. 

8. Apel. 

Apel memiliki zat beta-glucan yang berperanan dalam mengontrol produksi kolesterol. Buah lain yang memiliki fungsi sama yang bisa dimakan bersama kulitnya seperti apel dan pir. 

Sumber serat larut yang menurunkan kolesterol mencebgah arteri mengeras serta melindungi tubuh terhadap serangan jantung dan stroke. Apel bisa dibuat cuka apel. 

Cuka apel dapat meningkatkan sensitivitas insulin penderita diabetes tipe-2. Konsumsi cuka apel secara rutin akan menunjukan penurunan kolesterol jahat (LDL) dan peningkatan kolesterol baik (HDL).
Apel merupakan makanan untuk penderita diabetes super ampuh.