Mengapa Orang Tua Perlu Main Bersama Anak

Kesibukan aktivitas di kantor dan kegiatan di luar lainnya yang banyak dilakukan orang tua hari ini membuat waktu mereka untuk berkumpul bersama anak sangat minim. Saat bertemu biasanya sudah dalam kondisi kelelahan yang membuat tak ada waktu lagi untuk bermain. 

Padahal, bermain bagi anak adalah cara yang paling baik untuk meningkatkan perkembangan berbagai aspek. Maka orang tua sebagai pihak yang paling dekat hubungannya dengan anak sangat penting untuk memperhatikan ini. 

Mungkin anak-anak bisa saja bermain dengan pembantu, di sekolah dan tempat-tempat lainnya, akan tetapi akan beda kualitasnya dengan permainan yang dilakukan bersama orang tuanya. 

Matikan gadget Anda untuk satu jam saja selama di rumah, lalu mendekatlah pada anak-anak, lakukan permainan yang akan membuat mereka merasa senang dan merasa diperhatikan oleh orang tuanya. Setidaknya, ada beberapa manfaat yang akan didapatkan jika orang tua sering bermain dengan anak-anaknya: 

1. Membuat jalinan komunikasi yang lebih dekat 

Jangan sampai pembantu lebih disenangi anak dibanding orang tua. Komunikasi bisa terbuka dan hubungan akan menjadi lebih dekat jika kita secara intens mau memperhatikan anak-anak. Salah satu bentuk perhatian kita adalah dengan mengajaknya bermain bersama-sama. 

Anak akan merasa lebih dekat dengan orang tuanya dan mereka pun merasa nyaman untuk melakukan komunikasi dengan orang tua. Hal itu akan berlanjut tentunya ketika usia mereka mulai beranjak besar dan dewasa. Hubungan yang kaku dari sejak kecil akan berpengaruh pada hubungan setelah dewasa. 

2. Membantu perkembangan sensorik dan motorik anak 

Aneka permainan juga berdampak langsung bagi perkembangan sensorik dan motorik anak. Akan membuat otot-otot bergerak dan lebih membuat sensorik lebih aktif. Tergantung pada jenis permainan yang dimainkan. Perkembangan ini juga akan mempengaruhi tingkat kecerdasan anak. 

3. Menanamkan berbagai sikap yang baik pada anak 

Melalui berbagai jenis game pada anak-anak, didapatkan berbagai pelajaran sikap seperti kejujuran, rasa tanggung jawab, kepemimpinan dan sebagainya. 

Anda bisa membaca di buku-buku parenting tentang jenis-jenis game yang disesuaikan dengan usia anak serta manfaatnya bagi anak tersebut. kreativitas anak pun akan lebih terpacu karena memang di dalam beberapa permainan akan memancing kreativitas. 

Ada banyak jenis permainan yang bisa dikembangkan orang tua untuk menemani anak. Yang pertama bisa dalam bentuk permainan yang sifatnya kreativitas. Anak-anak diajak membuat mainan dari benda-benda yang ada, tidak membelinya secara instan. Misalnya membuat pesawat dari kardus, kapal dari kertas dan sebagainya. 

Tentunya orang tua juga harus meningkatkan kemampuan kreativitasnya yang bisa ia ajarkan pada anak. Bisa dengan banyak belajar tentang permainan anak dan materi-materi parenting lainnya. 

Jenis permainan lainnya yang bisa dikembangkan untuk anak adalah permainan yang memiliki seni. Misalnya dengan media cat atau music dan bernyanyi. 

Ini fitrah anak-anak yang membuat mereka tertarik secara alami. Dan hal ini ternyata bisa memacu pertumbuhan kreativitas pada anak-anak kita. 

Para orang tua, mulai lah menyiapkan waktu khusus untuk anak, bukan waktu sisa. Menemani mereka di masa kecil dalam bermain merupakan investasi mendidik anak di usia besar. 

Kadang orang tua sering mengeluh dengan sikap anaknya setelah besar, akan tetapi di usia kecil mereka kurang memperhatikan. 

Bahkan untuk sekedar dan sejenak mengajak mereka bermain. Apa yang kita lakukan di usia kecil adalah investasi untuk anak di usia dewasa.