5 Hal Yang Tak Boleh Dilakukan Sebelum Tidur

Sebelum tidur kita dianjurkan melakukan hal-hal seperti misalnya berwudhu bagi muslim, membersihkan beberapa organ tubuh seperti mulut dan sebagainya. 

Hal-hal tersebut tentunya memberi kebaikan bagi kualitas tidur Anda. Mungkin selama ini Anda tau hal-hal yang dianjurkan untuk dilakukan sebelum tidur, tetapi Anda lupa mencari tau hal-hal apa saja yang sebenarnya tak baik Anda lakukan saat menjelang tidur. 

Berikut ini beberapa aktivitas yang harus Anda hindari saat akan menjelang tidur: 

1. Makan 

Jarak antara makan dan tidur idealnya adalah 4 jam. Jika Anda sering makan lalu tidur dengan rentang waktu yang pendek maka kemungkinan Anda akan mengalami masalah organ metabolisme akan semakin tinggi. 

Respon spontan yang biasanya dialami adalah rasa mual dan pusing setelah bangun dari tidur. Penyakit obesitas juga bisa berawal dari kebiasaan ini. 

Selain itu mereka yang mengaku mengalami diabetes, kebanyakannya juga berasal dari kebiasaan buruk seperti ini. 

2. Olahraga 

Jangan tidur setelah olahraga. Anda tidak boleh beraktivitas setidaknya dua jam sebelum tidur. "Kecuali jika Anda melakukan latihan pernapasan dan yoga," kata David Asprey, pendiri dan CEO dari Bulletproof. 

Berolahraga secara umum pasti membantu Anda bisa tidur. Sebuah penelitian pada 2013 tentang tidur di Amerika menemukan bahwa orang yang berkeringat merasa lebih butuh istirahat dan tidur daripada mereka yang tidak berolahraga. 

3. Minum kafein 

Kafein juga perlu Anda perhatikan konsumsinya dan jarak waktu tidur. Jika Anda menginginkan tidur yang berkualitas maka Anda harus mengetahui hal ini. 

Secara umum, jangan minum kopi setelah pukul 14.00 atau setidaknya delapan jam sebelum tidur. Para peneliti di Michigan's Henry Ford Hospital Sleep Disorders and Research Center and Wayne State College di Medicine menemukan bahwa kafein dikonsumsi enam jam sebelum tidur mengakibatkan kualitas dan kuantitas tidur berkurang secara signifikan. 

4. Menonton 

Apa yang Anda saksikan sebelum tidur kebanyakannya akan mempengaruhi kondisi pikiran alam bawah sadar Anda pada saat tidur. Oleh sebab itu jangan kacaukan pikiran Anda dengan menonton hal-hal buruk sebelum tidur. 

Agama memerintahkan kita berdoa sebelum tidur dan berdoa agar diberikan mimpi yang baik dan berhikmah. Sebaiknya Anda melakukan ini untuk kebaikan kualitas tidur Anda. Terlebih jika keesokan harinya Anda akan melakukan aktivitas yang padat. 

5. Hindari nyala lampu 

Setidaknya setengah jam sebelum tidur, cobalah untuk menghindari lampu terang. Redupkan lampu jika benar-benar ingin tidur. 

Jauhkan dari hal tidak sehat seperti ponsel, bahkan televisi. Mengapa? Karena lima menit cahaya putih dari layar menekan tingkat melatonin lebih dari 50 persen.