Tips Agar Foto Makanan di Instagram Tampil Menyelerakan

foto: nafi'ah
Salah satu kebiasaan para pengguna instagram adalah mengunggah foto makanan. Terkadang makanan yang sederhana pun menjadi terlihat sangat nikmat karena kemampuan fotografer yang handal dalam memotret objek makanan. 

Bila kamu memiliki kamera ponsel pintar yang memiliki kualitas cukup bagus, ada baiknya kamu mempelajari teknik pengambilan foto untuk makanan yang sudah dibagikan tipsnya oleh para ahli berikut ini. 

Seperti dikutip dari Independent pada Senin (10/7), Anett Velsberg memberi saran agar foto makanan bisa menampilkan beragam variasi tekstur dari makanan tersebut. 

"Tunjukkan olesan saus yang ada, remah-remah, tekstur buah, serta permukaan sebuah roti tawar dalam satu foto," kata wanita yang dikenal sebagai seorang fotografer dan food stylist ini. 

Seorang fotografer yang telah berpengalaman akan menggabungkan berbagai unsur tampilan tersebut dalam komposisi yang seimbang sehingga akan dihasilkan kualitas foto yang menarik. 

Daniel Krieger, seorang fotografer yang bermukim di Brooklyn menyatakan, salah satu kesalahan yang banyak dilakukan orang saat memotret objek makanan adalah tidak memperhatikan pencahayaan. 

Sehingga makanan yang seharusnya menarik menjadi tampak muram seperti kesedihan. “Jika di tempat tersebut kurang baik pencahayaannya, lebih baik urungkan niat menggambil gambar makanan tersebut,” ujar Krieger. 

"Hindari cahaya lampu kuning dalam mengambil gambar dan cobalah menemukan cahaya alami seperti di pojok rumah yang biasanya terkena sinar matahari," saran Velsberg. 

Salah satu cara mudah untuk bisa menangkap cahaya yang sesuai adalah dengan menggunakan reflektor atau papan busa warna putih. Jangan lupa juga manfaatkan tripod untuk hasil sebuah foto yang lebih prima.