Pantai Padang, Never Ending Sumatera Barat

Pantai Pandang atau yang biasa disebut dengan Tepi Laut/Tapi Lauik/Taplau merupakan tempat wisata alternatif bagi masyarakat Kota Padang. Walaupun pada umumnya anak muda Padang menganggap Pantai Padang hanya tempat biasa. Mungkin karena udah bosan kali yah melihat pesisir pantai terus. Mereka tidak tahu saja bahwa bagi para traveller baik domestik maupun internasional, Pantai Padang yang selanjutnya akan kita sebut dengan Taplau itu, tetap unik kok. Dan menggoda untuk dinikmati. Seperti saya yang masih memasukkan Taplau sebagai salah satu tempat wajib kunjung jika ke Padang.


Ingat ya, ini adalah Pantai Padang yang terletak di pusat kota Padang cukup dengan hanya lima menit berkendara, naik oplet/angkot dari pasar raya Padang menuju arah barat. Terkadang orang sering menyamakan antara Pantai Padang dengan Pantai Air Manis tempat batu Malin Kundang berada. Ini adalah dua tempat yang berbeda meskipun sama-sama terletak di Kota Padang.

Menghabiskan senja di Pantai Padang atau Taplau dengan sebutir kelapa muda sangat sempurna untuk memulai malam. Sejauh pengamatan saya, Taplau dari masa ke masa terus berubah, bertransformasi menjadi kawasan wisata yang semakin tertata. Meskipun ada plus minusnya, karena biasanya Taplau tampak bersih dan langsung kelihatan indah dari jalan raya, namun saat ini Taplau sudah dipenuhi oleh warung-warung yang menyajikan beragam hidangan khas minang kabau hingga nusantara. Sehingga view Pantai Padang yang indah dengan ombak yang memecah karang berada tepat di balik warung-warung tersebut.

Ada beberapa dermaga di Taplau ini yang cukup lebar dan menjorok agak ke laut. Dermaga-dermaga yang cukup panjang tersebut memiliki berbenuk seperi uruf ”r”. Dermaga ini masih baru dengan tangga-tangga kecil di kanan-kirinya untuk langsung menujulaut. dipinggiran dermaga masyarakat atau pemilik warung menempatkan payung warna-warni. Tempat yang cocok jika pengunjung ingin menikmati pemandangan sunset dari sana. Lantai dermaga dibiarkan berpasir. Namun bangunan dermaga sepenuhnya permanen dengan semen dan beton kokoh.


Taplau tidak hanya menjadi tempat bersantai para turis domestik atau luar negeri. Namun bagi mereka yang ingin piknik keluarga tempat ini juga cukup baik. Datanglah pada sore hari ketika matahari telah mulai mereda dan tak lagi terik. Disepanjang jalanan Taplau Anda akan menemukan beragam permainan anak-anak hingga dewasa. misalnya buat anak-anak ada kereta-keretaan, odong-odong, sepeda mini dan sebagainya, sementara untuk dewasa bisa menyewa sepeda gandeng sebesar Rp 15.000/1 jam. Dengan sepeda tersebut Anda dan pasangan atau sahabat bisa menyusuri pinggiran Taplau dengan nyaman.

Selain pemandangan laut yang mempesona, Taplau padang juga tidak kalah menarik dari sisi kulinernya. Dengan mengayuh sepeda menyusuri jalan raya Anda akan menemukan beragam jajanan khas Minang. Di satu sisi ada cafe-cafe dengan masakan yang beraroma penuh bumbu, sementara di sisi lain terdapat toko oleh-oleh, untuk dibawa sebagai cinderamata ketika pulang ke rumah nanti. Sebut saja, kripik Christine Hakim yang populer hingga manca negara. Lokasinya sangat strategis dan mudah ditemui karena tokonya berhadapan langsung dengan pantai. Lebih jauh menyusuri Pantai ke arah utara Anda akan bertemu dengan cafe minuman yang terkenal dengan kopi milonya.


Puas bersepeda menyusuri pesisir pantai, kita bisa melepaskan lelah di bawah payung-payung cantik yang disediakan cuma-cuma oleh pemilik warung dan cafe. Payung-payung tersebut merupakan salah satu teknik promosi para pedagang.

Anda siap untuk kembali ke Taplau? Pesisir Pantai Padang yang panjang, ombak yang menghatam karang, sunset yang berwarna jingga dan permainan yang mengasyikkan. Pantai Padang memang akan selalu menarik bagi para penikmat wisata laut. Meskipun sudah pernah datang, pasti akan ingin kembali lagi dan lagi. Pantai Padang never ending.(IS)

Psssst... jangan lupa beli oleh-oleh ya!