Pantangan dan Anjuran Bagi Penderita Diabetes


Bila Anda sudah divonis menderita penyakit diabetes, maka hal wajib yang perlu Anda ketahui adalah apa saja yang menjadi pantangan maupun anjuran bagi para penderita diabetes. Tidak mengetahui pantangan sama artinya kita tidak mau sembuh, demikian juga tidak mau melaksanakan anjuran bagi para penderita diabetes sama artinya kita tak mau berobat untuk kesembuhan penyakit kita. Seseorang dikatakan menderita diabetes melitus apabila kadar gula darahnya di atas 126 mg/dl (puasa) atau 200 mg/dl (tidak puasa). Namun seringnya gejala penyakit diabetes di atas baru muncul atau terlihat setelah gula darah di atas 270 mg/dl. Jika penderita adalah ibu hamil, tak jarang terjadi keguguran atau janin mati dalam kandungan, atau jikapun bayi dilahirkan selamat, biasanya berat badannya akan besar melebihi 4 kg.

a. Pantangan Penyakit Diabetes
Untuk membantu mendapatkan kadar gula dalam darah yang normal, maka sebaiknya Anda meninggalkan pantangan-pantantan berikut ini yang tidak dibenarkan untuk para penderita diabetes:
  1. 1. Jangan memakan makanan yang dilarang. Makanan yang dilarang bagi penderita diabetes adalah makanan bergula, makanan berkolesterol tinggi, makanan dengan zat aditif yang tinggi dan sebagainya. Buahan-buahan seperti durian, anggur dan mangga menjadi buah terlarang bagi para penderita diabetes.
  2. 2. Jangan berhenti mengkonsumsi obat. Meskipun kadar gula dalam darah sudah dinyatakan menurun, itu bukan berarti Anda sembuh total. Karena kerusakan permanen mungkin telah terjadi pada hormon insulin, maka obat harus selalu dikonsumsi untuk mempertahankan kondisi kestabilan gula dalam darah.
  3. 3. Jangan makan terlalu malam. Para penderita penyakit diabetes dianjurkan untuk berpuasa di malam hari. Makan lah selagi sore hari atau sebelum malam hari tiba.
  4. 4. Jangan berinteraksi dengan senjata tajam, karena bila terjadi luka akan sulit untuk sembuh. Jangan berjalan kaki tanpa alas kaki karena berbahaya bila kaki terkena benda-benda tajam seperti paku, kaca dan sebagainya.
  5. 5. Jangan berputus asa dan tetaplah selalu optimis untuk bisa sembuh dan menjalani hidup secara normal. Asalkan kita mau berdisiplin dan punya kemauan yang kuat, maka Tuhan selalu memberi jalan untuk usia kita yang terbaik.
b. Anjuran Bagi Penderita Penyakit Diabetes
Apa sebaiknya yang harus Anda lakukan apabila Anda sudah dinyatakan positif mengidap penyakit diabetes? Berikut ini beberapa hal yang dianjurkan bagi para penderita diabetes untuk mempercepat penormalan kadar gula di dalam darah:
  1. Memperbanyak puasa. Puasa sangat dianjurkan untuk penderita diabetes. Rajin lah berpuasa seperti puasa senin kamis, puasa daud, puasa pertengahan bulan dan sebagainya. Selain berpahala, ini akan sangat baik untuk mempercepat kesembuhan.
  2. Memperbanyak jalan pagi. Olahraga pagi dengan berjalan pagi juga menjadi anjuran yang penting bagi para penderita diabetes. Hal yang perlu diperhatikan adalah saat melakukan jalan pagi, Anda harus menggunakan alas kaki untuk melindungi kaki agar tidak terkena benda-benda tajam.
  3. Memperbanyak konsumsi air putih. Terapi penyembuhan dan penyehatan ginjal adalah dengan mengkonsumsi air putih setiap pagi sebanyak 2 liter. Ginjal akan dibilas dengan bersih dan fungsinya pun sedikit demi sedikit akan kembali menjadi normal.
  4. Tetap mengkonsumsi obat. Sebaiknya Anda memilih obat-obat herbal atau alami yang lebih aman untuk tubuh dan tidak menimbulkan efek samping.
  5. Lakukan pengecekan jumlah kadar gula secara rutin setiap bulan. Hal ini bisa Anda lakukan dengan berkunjung ke dokter ataupun membeli sendiri alat cek kadar gula dalam darah.
  6. Bila Anda merasa tersiksa tidak bisa mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman seperti manusia sehat, maka Anda bisa memilih aneka makanan dan minuman alternatif bagi para penderita diabetes yang sudah cukup banyak dijual di pasaran saat ini, diantaranya seperti, gula putih, gula merah, madu, susu, sirup dan sebagainya. Harganya memang sedikit lebih mahal dari pada harga yang dikonsumsi orang sehat.
Banyak orang mengatakan bahwa diabetes adalah penyakit yang biasa diderita oleh orang kaya, karena makanan dan penyembuhannya memerlukan biaya yang besar. Namun hal yang sering terjadi sebenarnya penyakit tersebut muncul pada orang-orang yang hidupnya berlebihan dan tidak mengenal pola hidup sehat.