Makanan yang Dilarang untuk Penderita Diabetes

Menderita penyakit diabetes bagi sebagian orang laksana hilanglah sebagian nikmat makan terbesar di dunia ini. Persoalan sakit diabetes memang disebabkan karena makanan. Oleh karena itu tak heran bila seseorang telah divonis terjangkit penyakit diabetes, maka hal paling penting pada proses penyembuhan dirinya adalah bagaimana ia mengontrol apa yang masuk ke dalam perut, apa jenisnya, kapan waktunya dan berapa jumlahnya. Inilah tiga hal yang harus selalu diingat oleh para penderita diabetes untuk menjaga agar kadar gula di dalam tubuh tetap terjaga dan tidak meningkat secara drastis.

Sebagian orang ada yang sama sekali tidak mengkonsumsi semisal buah-buahan, padahal ini juga unsur yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Buah-buahan boleh saja dimakan asalkan dalam jumlah yang terbatas dan tidak berlebihan seperti orang yang tidak terkena penyakit diabetes tersebut. Apa saja makanan yang dilarang untuk para penderita diabetes? Secara umum adalah makanan yang mengandung kadar glukosa yang tinggi sebab asupan glukosa dalam darah yang tinggi tidak mampu lagi dinetralisir oleh hormon insulin dalam tubuh yang sudah rusak. Berikut ini beberapa diantara daftar makanan yang tidak diperbolehkan untuk para penderita diabetes:
  1. Buah-buahan: jenis buahan-buahan dengan kadar gula yang sangat tinggi dilarang dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Diantara buah yang paling dilarang adalah anggur, durian, mangga dan sebagainya. Jenis buah-buahan yang lain boleh dikonsumsi asalkan dengan jumlah yang sedikit, seperti misalnya jeruk boleh dimakan beberapa siung saja, atau buah apel sebanyak sepotong saja.
  2. Nasi: nasi dengan kadar glukosa yang tinggi sangat dilarang untuk para penderita diabetes. Namun demikian tidak semua jenis nasi dilarang untuk dikonsumsi. Nasi dengan kadar pati yang rendah seperti beras bulog yang biasa dibagikan pada program RasKin (Beras Miskin) bisa dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Sebagai pengganti dari nasi, bisa dikonsumi kentang atau roti.
  3. Aneka kue dan snack bergula. Bagi para penggemar kue coklat yang manis, aneka kue-kue bergula dan sebagainya, sebaiknya Anda segera mengubur hobi makan makanan tersebut karena akan sangat cepat meningkatkan kadar gula di dalam tubuh.
  4. Aneka minuman manis bergula glukosa, seperti teh manis, kopi manis, susu bergula dan sebagainya. Namun kini Anda tak perlu khawatir karena ada banyak gula alternatif bagi para penderita diabetes. Baik gula merah, gula putih pasir, gula putih cair dan sebagainya. Bahkan minuman sirup cair pun sudah banyak kita temukan di pasaran untuk para penderita diabetes. Jadi Anda tak perlu khawatir lagi untuk hal ini.
  5. Madu juga dilarang untuk para penderita diabetes, kecuali madu hitam yang rasanya pahit justru memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Ramuan ini biasanya bisa kita temukan pada produk herbal yang ada di pasaran.
  6. Makanan dengan kadar lemak dan kolesterol yang tinggi sebaiknya dikurangi, seperti misalnya makanan santan, aneka seafood yang memiliki kolesterol tinggi dan sebagainya.
  7. Aneka minuman bercafein sebaiknya juga dihindari, perbanyak mengkonsumsi air putih. Terapi air putih setiap hari akan mampu membersihkan ginjal kembali dan memfungsikan lagi hormon insulin yang sudah rusak.
  8. Berbagai makanan yang mengandung zat aditif tinggi seperti penyedap, pengawet, pewarna dan sebagainya. Konsumsi makanan seperti ini akan mempercepat terjadinya komplikasi penyakit antara diabetes dengan penyakit lain yang bisa ditimbulkan dari akumulasi zat-zat tersebut.

Tak perlu stres dengan makanan dan minuman yang harus Anda konsumsi untuk para penderita diabetes. Hal yang penting Anda perhatikan adalah sebagai berikut:
  1. Mengatur jumlahnya agar tidak berlebihan dikonsumsi oleh tubuh
  2. Memilih jenisnya apa, bila Anda sudah tau kandungan dari makanan tersebut dilarang untuk penyakit Anda, maka sebaiknya segera Anda hindari.
  3. Memilih kapan waktu yang tepat. Sebaiknya para penderita diabetes melakukan puasa makan di malam hari. Makan malam dilakukan pukul 17.00 WIB dan pada malam hari tidak ngemil. Makan terlalu malam tidak baik untuk para penderita diabetes.