Waspadai Hal Ini Saat Anda Mudik

Lebaran tak lama lagi, liburan panjang akan segera tiba. Setiap mereka yang memiliki kampung halaman pastinya sudah merencanakan akan mudik ke kampung orang tua dan kerabat dekat. Biasanya kegembiraan sering membuat orang lupa akan beberapa hal saat melakukan mudik, sehingga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan baik ketika sedang mudik maupun setelah kembali usai lebaran. Berikut ini adalah hal-hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum Anda dan keluarga berangkat untuk mudik: 

1. Pastikan keamanan dan kenyamanan kendaraan, jika bisa menggunakan sopir sebaiknya jangan menyetir sendiri terlebih jika perjalanan jauh. Keamanan dan kenyamanan kendaraan berpengaruh pada keselamatan selama di perjalanan. Jangan sayang mengeluarkan uang untuk sopir dan service kendaraan karena ini adalah bagian Anda menjamin keselamatan, bukan hanya pribadi namun juga keluarga. 

2. Amankan rumah sebelum ditinggal, terutama jika Anda tinggal di kos-kosan, umumnya maling memanfaatkan kesempatan liburan panjang untuk beraksi memasuki rumah-rumah yang pemiliknya lalai. Keamanan rumah juga menyangkut pengamanan listrik yang Anda lakukan. Betapa banyak rumah kebakaran saat ditinggal mudik karena lalainya mereka tidak mematikan listrik. 

3. Menjaga stamina tubuh, setelah lebaran umumnya rumah sakit penuh. Jika Anda memiliki anak maka usahakan di musim lebaran anak-anak memiliki daya tahan tubuh yang lebih tinggi karena aktivitas dan makanan yang masuk sangat beragam. Anda harus menjaga stamina dengan tetap memperhatikan makanan yang dikonsumsi. 

4. Sebaiknya janga membawa uang tunai dalam jumlah banyak, jika Anda naik kendaraan umum maka hal ini penting Anda perhatikan. Bawalah uang secukupnya untuk menghindari berbagai kemungkinan kejahatan yang muncul saat menjelang lebaran. 

Pastikan perjalanan mudik Anda aman dan nyaman. Jika Anda mabuk kendaraan, maka minumlah madu tanpa air untuk membantu masalah mabuk kendaraan pada anak-anak dan dewasa. Pilih waktu yang tepat untuk mudik, yakni saat stamina Anda sedang prima. Jika sedang lemah silahkan melakukan istirahat, jangan memaksakan diri.