3 Makanan Tak Sehat yang Harus Diwaspadai Saat Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri sering disambut dengan berbagai aneka menu makanan yang beraneka ragam jenisnya. Kadang-kadang sampai berlebihan sehingga setelah lebaran ada banyak keluhan penyakit yang dirasakan orang. Makna kemenangan menjadi pemaknaan yang salah dengan berpoya-poya menyajikan berbagai hidangan yang kebanyakan adalah hidangan yang tak sehat. Berikut ini beberapa jenis makanan yang harus Anda waspadai saat hari raya tiba: 

1. Aneka makanan berlemak dan kolesterol seperti rendang, gulai, opor dan sebagainya harus Anda atur jumlahnya untuk dikonsumsi. Akibat konsumsi yang berlebihan dari jenis makanan ini biasanya keluhan penyakit yang akan dirasakan orang pasca Idul Fitri adalah penyakit hipertensi, diabetes, kolesterol dan sebagainya. 

2. Aneka makanan manis yang berlebihan, hidangan aneka kue umumnya berasa manis dan menjadi menu sajian utama di saat lebaran tiba. Banyak orang mengeluhkan berbagai penyakit akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang terlalu manis saat lebaran seperti diabetes, berat badan meningkat dan sebagainya. 

3. Aneka makanan yang menggunakan aneka zat pewarna, perasa dan sebagainya. Berbagai menu hidangan kue lebaran yang menggunakan aneka pewarna, perasa, pemanis, penyedap dan sebagainya seharusnya Anda hindari, termasuk berbagai minuman sirup bewarna, harus Anda control jumlahnya. 

Hal paling penting saat lebaran jangan makan berlebihan, karena akan buruk efeknya bagi kesehatan Anda. Makan lah secukupnya, dan biasanya untuk menghindarkan berlebihan saat lebaran bisa kita lakukan dengan berpuasa, baik pusa syawal maupun puasa membayar hutang.