Liburan Semester Siswa di Riau Dipersingkat

Bencana kabut asap yang melanda Riau memberikan pengaruh yang signifikan terhadap proses belajar mengajar di propinsi ini. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Riau memastikan ujian akhir semester 2015 untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA akan diundur pelaksanaannya. Dijadwal semula rencananya akan dilaksanakan pada 3 hingga 12 Desember 2015, menjadi tanggal 17 hingga 23 Desember 2015. Perubahan ini dilakukan akibat adanya bencana kabut asap yang membuat siswa libur lebih dari satu bulan. Tak hanya jadwal ujian semester yang diundur, bencana kabut asap juga mempengaruhi masa liburan semester. 

Kepala Kadisdikbud Provinsi Riau, Kamsol mengatakan untuk libur semester, terpaksa dikurangi 1 minggu dari jadwal sebelumnya. Sedianya libur semester dijadwalkan 21 Desember hingga 2 Januari 2016, menjadi 26 Desember 2015 hingga 2 Januari 2015. 

“Sedangkan pembagian rapor yang sedianya dijadwalkan pada tanggal 19 Desember 2015, diundur menjadi 9 Januari 2016. Khusus untuk SMK, pelaksanaan ujian semester akan dilaksanakan dari tanggal 14 hingga 23 Desember 2015 mendatang,” kata Kamsol kepada Tribun, Kamis (15/10). 

Selain itu, untuk mengejar ketertinggalan pembelajaran, pihaknya juga meminta kepada pihak sekolah, agar bisa ditempuh dengan beberapa cara, misalnya, jika kondisi normal, sekolah menambah jam belajar sesuai kebutuhan sekolah masing-masing, kemudian dengan perpanjangan waktu belajar dengan sistem bertahap. 

“Kemudian diharapkan setiap hari ada tambahan jam belajar. Atau juga bisa dengan sistem blok, misalnya dalam dua minggu belajar sampai sore. Selain itu juga bisa disiasati dengan waktu libur semester ganjil dikurangi, atau ditiadakan sampai ketertinggalan bisa dikejar,” tuturnya.