Jangan Keringkan Pakaian di Ruangan, Ini Bahayanya

Bencana kabut asap membuat sebagian orang malas menjemur pakaian di luar rumah karena alasan bau asap. Atas alasan ini banyak orang memilih menjemur pakaian di dalam rumah. Tahukah Anda, cara Anda ingin agar pakaian Anda selamat dari bau asap ternyata malah menimbulkan efek samping kesehatan lain. 

Penelitian yang dilakukan National Aspergillosis Centre di Manchester menemukan, menjemur pakaian di dalam ruangan akan meningkatkan kadar kelembaban udara sampai 30 persen. Ini mengakibatkan spora jamur ikut berkembang yang menyebabkan infeksi paru-paru. Spora Aspergillus fumigatus sangat berbahaya. 

‘’Pakaian yang dicuci mengandung hampir dua liter air yang dilepaskan ke dalam ruangan. Sebagian besar dari kita baik kebal terhadap jamur yang tumbuh dalam kondisi lembab, atau memiliki sistem tubuh yang cukup sehat untuk melawan infeksi,’’ kata Profesor David Denning, seperti dilansir laman Daily Mail. 

Tapi, pada penderita asma, hal ini dapat meyebabkan batuk dan bersin. Pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah atau rusak, jamur dapat menyebabkan aspergillosis di paru-paru mereka. Setelah dicuci, sebaiknya pakaian dikeringkan di dalam mesin pengering atau di dalam ruangan yang berventilasi terbukaserta jauh dari kamar tidur dan ruang tamu. Ini demi menghindari Anda terkontak dengan spora ini.