Anak Anda Mudah Sakit? Lakukan Ini

Punya anak yang mudah terserang penyakit akan membuat orang tua selalu risau dan khawatir pada anaknya. Belum lagi soal biaya yang akan sering ditanggung orang tua. Mengobati bukan cara terbaik untuk mengatasi penyakit, namun akan lebih bagus lagi jika Anda bisa mencegahnya. Nah, jika anak Anda termasuk yang rentan sakit, maka perlu diperhatikan dan lakukan beberapa hal berikut ini: 

1. Jika anak Anda masih berada di usia ASI, maka sebaiknya anak diberi ASI bukan sufor. ASI adalah imunisasi alami yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh anak secara alami. 

2. Biasakan sejak kecil anak Anda mengkonsumsi madu anak. Saat ini ada banyak jenis madu anak yang memiliki khasiat beragam. Madu bersifat alami dan aman dikonsumsi dalam jangka panjang untuk anak-anak maupun dewasa. 

3. Usahakan agar anak Anda suka dengan buah dan sayur. Anti oksidan dalam sayur dan buah akan membantu daya tahan tubuh anak. Bisa dengan membuatkannya dalam bentuk jus yang lebih lezat. Atau jika sayur dicampur dengan menu kesukaannya. 

4. Menghindarkan anak pada cuaca ekstrim seperti cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin. Terlebih jika anak masih berusia di bawah dua tahun, harus lebih ekstra menjaganya. 

5. Mendampingi anak saat bermain, pastikan tidak melakukan aktivitas beresiko yang mengundang penyakit atau menyentuh material kotor yang mungkin mengandung banyak virus dan bakteri. 

6. Biasakan mencuci tangan anak dengan sabun pembersih yang aman. 

Makanan anak juga harus dijaga gizinya. Ini juga sangat penting untuk membantu kekebalan daya tahan tubuh anak-anak. Jangan biasakan sering memberi obat pada anak. Usahakan maksimal anak-anak bisa sembuh dengan obat-obatan alami.