Menu Makanan Sehat untuk Sarapan

Sarapan menjadi sumber energi menjelang makan siang. Salah dalam mengkonsumsi menu untuk sarapan bisa memberikan pengaruh pada stamina dan daya tahan tubuh Anda menjelang siang. Banyak orang sarapan dengan makanan nasi putih dalam jumlah banyak. Beberapa pekerja berat mungkin membutuhkannya, namun bagaimana jika kita hanya melakukan aktivitas-aktivitas ringan di kantor atau rumah? Perlukan mengkonsumsi makanan seperti itu untuk sarapan? Berikut ini beberapa menu makanan sehat untuk sarapan: 

1. Pisang 

Pisang, terutama yang masih ada semburat hijau pada kulitnya, memiliki karbohidrat yang sehat. Karbohidrat ini bisa memberi rasa kenyang lebih lama. Cukup tambahkan pisang pada serat atau oatmeal untuk menu sarapan sehat. 

2. Telur

Meski memiliki kandungan kolesterol di dalam kuning telur, sumber protein satu ini dinilai masih dapat menjadi menu sarapan sehat. Selain protein, telur memiliki kandungan vitamin D. Kandungan kolesterol dalam kuning telur dinilai memiliki dampak yang lebih sedikit pada kolesterol darah. 

3. Oatmeal 

Oatmeal mengandung beta-glucan, tipe serat yang mampu menurunkan kadar kolesterol jika dikonsumsi secara rutin. Selain itu oat juga kaya akan lemak omega-3, folat, dan patosium. Oat mentah yang membutuhkan proses memasak 15 menit memiliki lebih banyak serat bila dibandingkan oat instan, tetapi apapun jenisnya oatmeal merupakan pilihan sehat untuk saraban. Lebih baik hindari oatmeal yang memiliki pilihan rasa, karena bisa jadi sudah ditambah gula. Lebih baik menambah oat dengan susu dan sedikit madu serta buah dan kacang. 

Jus juga menjadi menu sarapan sehat yang akan membuat kita lebih segar dan sehat di pagi hari. Kandungan serat di dalam buah akan membantu system pencernaan kita lebih sehat dan melancarkan system ekskresi.