Tips Agar Melahirkan Menjadi Mudah

Bagi mereka yang baru menjalani masa kehamilan yang pertama, akan selalu timbul perasaan deg-degan. Bukan hanya saat menjelang lahiran, namun sejak awal banyak wanita yang mengaku sudah takut menghadapi lahiran. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar proses persalinan yang Anda lakukan menjadi lebih mudah dan lancar, berikut ini beberapa tipsnya: 

1. Sejak hamil, biasakan melakukan aktivitas rutin jalan kaki setiap hari. Ini akan membantu bayi turun ke daerah panggul. Bidan dan dokter yang menangani persalinan biasanya akan meminta ibu berjalan saat akan menjelang lahiran. 

2. Bagi seorang muslim biasakan aktivitas sujud dengan memperbanyak shalat. Gerakan sujud termasuk salah satu gerakan senam ibu hamil yang dilakukan untuk mendorong bayi 

3. Memperbanyak konsumsi madu dan sari kurma untuk membantu stamina melahirkan 

4. Banyak berdoa agar persalinan dimudahkan. Doa Anda harus detail, jika ingin normal mintalah langsung kepada Allah agar diberi persalinan normal. 

5. Meminta maaf kepada banyak orang seperti suami, orang tua dan sahabat yang mungkin pernah bermasalah dengan Anda. 

6. Jangan lupa mengecek ke dokter bobot terakhir bayi Anda, apakah bisa dikeluarkan melalui panggul atau tidak. Lakukan cek di dokter yang ahli. 

Menguatkan mental sebelum melahirkan sangat penting untuk membantu rasa percaya diri pada ibu bahwa mereka bisa melahirkan dengan normal. Jaga selalu kesehatan di usia-usia menjelang kelahiran. Jangan sampai Anda sakit menjelang lahiran.