Mau Tau Jantung Anda Sehat atau Tidak, Sentuh Bagian Tubuh Ini

Sebuah penelitian menemukan cara mudah deteksi awal kondisi kesehatan jantung seseorang. Caranya cukup mudah, bisa Anda lakukan dimana saja. Lakukan kegiatan ini, duduklah di lantai dengan kaki diluruskan ke depan sehingga jari-jari kaki menghadap ke atas. Setelah itu, jangkaulah ujung jari kaki Anda dengan tangan. 

Jika Anda cukup fleksibel menjangkau ujung jari kaki dengan tangan, insya Allah jantung Anda masih sehat. Sebaliknya, jika Anda kesulitan menjangkau ujung jari kaku dengan tangan, Anda bisa pergi ke dokter spesialis jantung atau kardiolog untuk memeriksakan kondisi jantung Anda. 

Peneliti dari University of North Texas dan sejumlah peneliti Jepang melakukan percobaan dengan 526 partisipan yang berusia antara 20 hingga 83 tahun. Peneliti menemukan korelasi antara tubuh yang tidak fleksibel dengan pembuluh arteri yang tidak fleksibel, terutama pada partisipan di atas umur 40 tahun. Partisipan yang gagal dalam tes fleksibilitas tubuh dan gagal mencapai ujung jari kaki ternyata memiliki pembuluh darah yang kaku, dan artinya kemampuan jantung menjadi kurang baik, efisien dan risiko penyakit jantung pun meningkat. 

Dr Yamamoto menjelaskan, kendati teori antara hubungan otot punggung dan kaki dengan otot di dekat jantung masih samar-samar, tapi dengan adanya studi tersebut cukup membantu.