Bahaya Mengkonsumsi Durian Terlalu Banyak

Dibeberapa kawasan di Riau saat ini (18/12) sedang menikmati musim durian yang begitu melimpah. Buah durian yang lezat dijual dengan harga yang sangat murah. Buah yang dijuluki si raja buah ini memang menggoda selera. Bukan hanya nikmat dimakan secara langsung, berbagai olahan makanan yang terbuat dari durian pun sangat lezat untuk dinikmati. Namun tahukah Anda bahaya apa yang mengintai jika terlalu banyak mengkonsumsi durian? 

 "Kalau makan durian, kenali kondisi tubuh terlebih dahulu," ungkap ahli gizi dari RSUD dr Soetomo, Dwi Eko Martini DCN seperti dilansir JPNN. 

Durian punya kandungan karbohidrat dan gula yang tinggi. Itu memicu naiknya tekanan darah dan gula darah. Orang-orang yang terkena diabetes harus bisa mengatur banyaknya buah yang dimakan. Menurut Dwi, kalau sehat, tentu tidak ada masalah makan durian. Yang punya gangguan kesehatan, misalnya alergi, kolesterol, atau jantung, tentu harus berhati-hati. Selain itu, ada penyakit yang seketika muncul setelah orang makan durian. Yakni, migrain dan mabuk. 

"Bukan tidak boleh memakan durian, tetapi ada batasannya. Misalnya, cukup mengonsumsi satu biji durian," ujarnya.

Jadi intinya meskipun buah durian melimpah dimana-mana, porsi makan tetap harus dijaga dengan tidak berlebihan tentunya.