5 Tipe Teman Yang Bikin Hidup Kamu Susah

Masalah yang kitab hadapi bisa jadi salah satunya disebabkan orang-orang dekat kita seperti teman. Maka tak heran kalau dalam pergaulan kita sering dianjurkan untuk mencari teman yang baik. Teman mu adalah cerminan diri mu. Jangan sampai Anda dinilai buruk oleh orang lain hanya karena teman Anda memang orang yang buruk. 

Baik buruk itu penilaian orang yang juga harus Anda pertimbangkan. Anggapan orang yang sudah melekat terhadap diri Anda akan sulit dihapus, meskipun kenyatannya mungkin Anda tak seburuk yang dibayangkan orang. Tapi tetap saja citra kita dalam pergaulan akan bermasalah. Oleh karena itu Anda harus berhati-hati dengan tipe beberapa jenis teman berikut ini: 

1. Tukang bohong Ada banyak alasan orang berbohong, salah satunya karena malu dengan kenyataan atau aib yang dimiliki. Teman yang tidak jujur akan memberikan pengaruh buruk bagi pribadi Anda. Bukan hanya Anda yang akan sering kena tipu, bisa jadi kebiasaan buruk itu menular pada Anda. Meskipun dia miskin, Anda harus hormat pada seorang teman yang jujur, karena ia adalah seorang yang gantle menerima kenyataan. Bukan orang yang bergelimang dengan kepalsuan. 

2. Suka shopping atau makan 

Kalau dalam jumlah yang proporsional mungkin tak masalah, akan tetapi ada orang yang memiliki selera belanja dan makan berlebihan. Jika begini Anda mau tak mau pasti akan ikut atau minimal menemani. Anda biasanya juga akan terikut dengan kebiasaan tersebut. Selain itu membuat uang Anda cepat habis, resiko penyakit lebih besar karena terlalu banyak makan, juga yang pasti akan menghabiskan waktu Anda untuk melakukan hal-hal yang produktif. Tinggalkan teman yang memiliki kebiasaan berlebihan akan belanja dan makan. 

3. Suka keluar malam 

Jika perempuan maka perhatikan teman pergaulan Anda. Jangan suka keluar malam untuk hal-hal yang tidak penting atau mengunjungi tempat hiburan. Akan lebih banyak dampak buruknya bagi Anda. Mulai dari keamanan, efektifitas waktu dan berbagai hal-hal buruk lain seperti akan mengganggu jam belajar atau jam kerja di siang hari. Jika harus keluar malam, pastikan jumlahnya proporsional dan tidak mengunjungi tempat-tempat yang tidak baik. 

4. Suka hutang 

Sebenarnya hutang diperbolehkan sepanjang tidak ada masalah yang ditimbulkan setelah hutang tersebut. Anda juga bisa membantu teman lebih banyak. Namun ada juga jenis tipe teman yang suka berhutang untuk hal-hal yang tidak perlu dan sifatnya hiburan. Yang paling sengsara tentu saja Anda sebagai temannya. Kalau dia punya kebiasaan tepat janji mengembalikan hutang tentu saja tak masalah, namun ada juga tipe orang yang gemar berhutang, akan tetapi saat kita menagihnya orang tersebut akan marah. Wah, Anda harus hati-hati dengan orang yang begini. Kalau pun ingin memberi pinjaman, Anda harus pastikan bahwa jikalaupun uang tersebut tak dikembalikan, Anda sudah siap. 

5. Banyak bicara 

Terlalu banyak bicara ternyata bisa menimbulkan masalah. Hematnya, semakin banyak kita bicara akan semakin banyak yang salah. Makanya ada anjuran untuk berkata baik atau kalau tidak bisa lebih baik diam. Teman yang suka bicara akan banyak hal-hal buruk yang disampaikannya. Mulai dari gosip orang lain, berkata kasar dan menyinggung Anda dan seterusnya. Keceriaan tak harus ditandai dengan banyak bicara, tetapi cukup dengan sikap dan bicara yang menyejukkan hati. Itu jauh lebih baik. 

Akan tetapi kecenderungan orang saat ini justru lebih menyukai teman-teman yang memiliki kebiasaan buruk. Teman yang suka ke perpustakaan misalnya akan sedikit disenangi orang dibandingkan yang suka ke mall. Semua itu terpulang dari pemahaman kita sendiri, apakah kita ingin menjadi orang yang baik atau tidak.