5 Peluang Bisnis Menjanjikan di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan tak lama lagi akan hadir. Bagi para pebisnis selalu jeli memandang setiap peluang dan kesempatan. Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, salah satunya untuk para pedagang. Terutama para pedagang yang melakukan infak dan zakat di bulan tersebut. 

Jadi buat Anda yang ingin memanfaatkan Ramadhan sebagai peluang mencari rezeki, ada beberapa peluang bisnis yang sangat potensial untuk dikelola di bulan Ramadhan. Waktu sebelum Ramadhan bisa Anda gunakan untuk mempersiapkan modal, strategi pemasaran dan sebagainya. Berikut ini beberapa peluang bisnis yang bisa Anda jalankan di bulan Ramadhan: 

1. Bisnis pakaian 

Bisnis pakaian jelang lebaran sangat prospek dikelola tiga bulan sebelum lebaran termasuk di bulan Ramadhan. Jika Anda ingin memulai bisnis pakaian, memang sebaiknya tiga bulan sebelum lebaran karena ini waktu yang sangat tepat untuk para pebisnis mengelola b isnis pakaian. Tidak semua orang membeli pakaian pada bulan Ramadhan, sebagian memilih membeli sebulan atau dua bulan sebelum lebaran dengan pertimbangan harga. 

2. Bisnis kurma 

Bisnis kurma jika dikelola dengan profesional dan fokus cukup menjanjikan dilakukan di bulan Ramadhan. Usahakan Anda mengambil posisi sebagai supplier sehingga keuntungan yang didapatkan bisa lebih banyak. 

3. Bisnis mukena dan sarung 

Ini juga peralatan khusus lebaran yang cukup menjanjikan dikelola di bulan Ramadhan. Olah secara fokus dengan aneka macam model dan harga yang terjangkau. Artinya Anda harus membuat manajemen yang baik terhadap bisnis ini. 

4. Bisnis kue lebaran 

Kue lebaran juga cukup men janjikan untuk dikelola bisnisnya. Memang saat ini bahan dasar pembuatan kue cukup mahal, Anda dituntut untuk bisa berkreasi dengan modal yang terbatas, rasa yang lezat dan kualitas yang bersaing. 

 5. Bisnis kuliner 

Ramadhan biasanya waktu yang paling banyak mengeksplor aneka jenis makanan. Jika Anda memiliki kuliner andalan yang bisa dikelola sebagai usaha bisnis maka sangat bagus untuk mencobanya. Kuliner menu berbuka, kuliner makanan berat yang lezat serta bisa juga Anda memulai bisnis angkringan di bulan Ramadhan. 

Biasanya tempat-tempat makan akan selalu penuh untuk dijadikan tempat buka bersama. Ini menjadi peluang yang cukup bagus untuk Anda yang suka menjalankan usaha bisnis kuliner. Ada beberapa hal yang penting untuk Anda perhatikan dalam mengelola usaha bisnis di bulan Ramadhan, jika Anda ingin sukses berbisnis di bulan Ramadhan, mungkin Anda bisa memperhatikan beberapa tips sebagai berikut: 

1. Jangan melupakan ibadah di bulan Ramadhan untuk keperluan bisnis, ini akan membuat Anda rugi karena kekayaan yang hakiki justru amal ibadah yang dilipat gandakan di bulan Ramadhan. 

2. Perbanyak bersedekah dan mempermudah urusan orang, Insya Allah Anda akan mendapatkan keuntungan yang berlipat. 

3. Persiapkan bisnis Anda sebelum menjalankannya, jangan mendadak memulai bisnis, begitu tiba Ramadhan lalu sibuk mempersiapkan ini dan itu. Lakukan manajemen bisnis dan persiapan pengelolaan minimal dua bulan sebelum Ramadhan.

4. Jika ingin maksimal usahakan fokus pada satu bisnis, namun jika Anda memiliki peluang untuk mengelola beberapa bisnis bisa Anda jalankan. 

5. Butuh modal yang mendukung, jadi persiapkan dari sekarang modal Anda untuk bisnis di bulan Ramadhan. 

Ada banyak pedagang yang meraih berkah di bulan Ramadhan, jika Anda tertarik menjadi salah satu dari pedagang tersebut, persiapkan bisnis Anda dari sekarang.