Rezeki Anda Seret? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya

Banyak orang yang letih bekerja siang dan malam namun hasilnya begitu-begitu saja, selalu pas-pasan dan tidak berkah. Namun ada juga yang jarang terlihat bekerja tetapi mereka bisa menikmati hidup dengan nyaman dan enak. 

Uang pun tak jadi masalah, kemana mereka melangkah rezeki selalu bersamanya. Jika Anda termasuk yang sudah berusaha kesana kemari namun rezeki masih tetap sulit, mungkin Anda perlu mengetahui beberapa sebab berikut ini yang menjadi alasan kenapa rezeki Anda sempit: 

1. Usaha yang tidak berkah, coba dicek apa yang Anda usahakan sekarang ini. Apakah berkah atau tidak? apakah mengambil hak milik orang lain atau tidak? apakah sesuai dengan syariah agama yang Anda yakini atau tidak? jika Anda muslim barangkali usaha Anda saat ini mengandung riba, segera tinggalkan karena tak aka nada keberkahan di sana, Anda akan semakin dijerat kesulitan hidup. 

2. Kurang zakat dan sedekah. Apakah selama Anda mendapat hasil selama ini Anda menunaikan zakat harta dan sedekah sesuai ajaran agama yang Anda yakini? Kalau belum segeralah bertaubat, karena Anda telah mengambil hak orang lain yang ada pada Anda. Maka wajar kalau apa yang Anda dapatkan selalu kurang. 

3. Kurang mengunjungi orang tua. Doa orang tua adalah segalanya. Itulah sebabnya kebanyakan mereka yang sukses dan kaya adalah mereka yang memuliakan orang tuanya. Syurga itu ada di telapak kaki ibu, artinya kebaikan hidup ini ada pada orang tua. 

Muliakan lah orang tua Anda jika masih ada, karena doa mereka akan diijabah oleh Allah. Jika sudah tiada, maka infakkan lah sebagian harta yang Anda miliki untuk pahala bagi mereka. 

4. Sudahkah Anda menolong orang lain? Ada banyak rahasia orang sukses ternyata karena kebiasaan mereka menolong banyak orang. Kalau kita menolong orang, maka Allah akan tolong kita. Kalau kita memudahkan urusan orang lain, maka Allah akan mudahkan urusan kita. 

Begitu juga sebaliknya, semakin jarang kita menolong orang, maka semakin sulit kita untuk ditolong Allah. Itu telah menjadi sunnatullah bagi mereka yang berbisnis utamanya. Bagaimana dengan Anda? Jika ingin hidup Anda lebih baik, maka perbanyak lah menolong orang lain. 

5. Bagaimana hubungan Anda dengan Allah? Jika ingin mendapatkan dunia dan seisinya, sebaiknya Anda meminta kepada yang memiliki dunia ini. Bukan kepada bos Anda yang ada di kantor. Bagaimana rezeki bisa mendekat kepada Anda kalau dengan yang Maha memiliki rezeki saja Anda tidak dekat. Tapi mungkin Anda berdalih, si A yang tak mengenal Tuhan hidupnya bahagia, tetapi saya yang selalu rajin ibadah begini-begini saja. 

Lalu bagaimana ini? kalau kita bicara keberkahan dan kebahagiaan batin, maka ukurannya bukan jumlah, tetapi barokah. Dan jangan pernah lupa, ada kebaikan yang menunggu di akhirat setelah kita melakukan kebaikan di dunia ini. Dan kebaikan itu, sangat jauh keutamaannya ketimbang apa yang ada di dunia ini. 

Jarang berdoa juga menjadi penyebab rezeki Anda seret. Bagaimana mungkin orang akan memberi jika kita tidak pernah meminta. Meminta lah kepada Yang Maha Kaya, jangan meminta kepada manusia. Doa kita adalah bentuk pinta kita kepada Tuhan. 

Jadi kalau kita tidak pernah meminta kepada Yang Maha Kaya, itu sama artinya kita dengan orang-orang yang sombong, tidak membutuhkan Zat yang Maha Kaya. Lalu bagaimana kita berharap akan menjadi kaya dan berkah dalam hidup ini?