Stop, Jangan Makanan 5 Jenis Makanan Ini!

Perut menjadi sumber penyakit. Pasalnya semua makanan akan masuk ke dalam perut. Mereka yang tak pintar memilah apa yang akan masuk ke dalam perutnya alamat lah menjadi orang yang sangat rentan terkena masalah penyakit. 

Oleh karena itulah puasa diyakini sebagai salah satu cara terapi kesehatan yang paling baik. Dengan berpuasa orang bisa mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuhnya secara teratur sehingga proses metabolisme di dalam tubuh bisa berjalan lebih optimal. Nah, buat Anda penting untuk tahu, bahaya beberapa jenis makanan tersebut. Jangan dimakan jika Anda ingin berumur panjang dan bebas dari resiko berbagai penyakit, berikut ini beberapa diantaranya: 

1. Makanan basi atau sudah tidak fresh 

Jangan biasakan memanas-manaskan masakan yang tak habis untuk dikonsumsi keesokan harinya. Usahakan masak sekali habis dan besok Anda membuat yang baru lagi. Kebiasaan ini akan berdampak buruk bagi kesehatan hati Anda. Makanan yang tak segar lagi sangat rentan mengandung bakteri penyebab penyakit. Mereka yang mengalami penyakit liver umumnya adalah mereka yang memiliki hobi memakan makanan yang sudah tidak segar lagi. 

2. Jamu 

Hati-hati mengkonsumsi jamu, dan sebaiknya jika tidak terlalu penting tak usah mengkonsumsi jamu. Stamina tubuh Anda bisa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, rajin olahraga dan banyak mengkonsumsi air putih serta istirahat yang cukup. Beberapa jenis jamu mengandung senyawa bernama aflatoksin yang juga memicu terjadinya penyakit liver di dalam organ hati. 

3. Makanan laut vs makanan darat 

Stop, jangan biasakan memakan daging darat dan makanan laut seperti seafood dan ikan secara bersama-sama. Jadi jika Anda akan makan, silahkan pilih jenis lauk yang sama-sama dari darat atau laut. Makanan darat dan laut memiliki ion yang berbeda. Penggabungan kedua jenis makanan ini dapat menyebabkan sulitnya organ-organ pencernaan menjalankan fungsinya. Sunnah Nabi untuk memisahkan makanan darat dan makanan laut saat mengkonsumsi atau memasaknya. 

4. Makanan yang terlalu pedas 

Jangan biasakan terlalu suka makanan pedas. Ada banyak jenis penyakit yang bisa dipicu dari makanan pedas seperti misalnya kanker, tipus, diare, sakit lambung dan sebagainya. Tak baik mengkonsumsi cabai dalam jumlah yang tinggi ke dalam perut Anda. 

5. Makanan yang mengandung zat aditif 

Beberapa zat aditif atau zat tambahan yang harus Anda hindari seperti misalnya pewarna, penyedap, pemanis dan sebagainya. Ada banyak jenis makanan, bahan masakan, bumbu dan sebagainya yang mengandung zat aditif tersebut. Oleh karena itu Anda harus waspada saat makan. 

Perhatikan warna krupuk yang Anda makan, perhatikan rasa makanan yang Anda konsumsi apakah mengandung penyedap atau tidak. Terutama untuk anak-anak, Zat aditif akan mempengaruhi perkembangan otak. Bahkan penyakit-penyakit seperti kepikunan dini, alzaimar dan sebagainya merupakan salah satu dampak dari penggunaan zat aditif yang berlebihan. 

Masih banyak lagi jenis makanan lainnya yang harus hindari, misalnya makanan yang terlalu dingin, makanan dari hasil pembakaran, makanan olahan daging dan sebagainya. Makanan-makanan yang tak sehat sangat rentan memicu berbagai penyakit di dalam tubuh. Kalau sering dikatakan kenapa orang dulu lebih sehat dan berusia panjang dibandingkan orang-orang zaman sekarang, salah satu alasannya tentu saja karena faktor makanan yang dikonsumsi. 

Untuk bisa sehat, Anda perlu banyak mengkonsumsi asupan serat ke dalam tubuh seperti buah dan sayur. Minum air putih yang cukup dan lakukan aktivitas sekedarnya. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan jika Anda hanya sedikit beraktivitas karena dampaknya akan langsung terlihat yakni penyakit diabetes. 

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang muncul akibat pola makan yang salah dalam keb iasaan hidup seseorang sehingga cara pengobatannya pun harus dengan melakukan terapi mengatur pola makan dengan baik dan teratur kembali.