3 Rahasia Folder Komputer Yang Jarang Diketahui Orang

Menyimpan berbagai dokumen yang sejenis akan lebih mudah ditempatkan dalam sebuah folder. Inilah yang umumnya dilakukan orang pada sebuah folder. 

Folder adalah suatu program pada komputer yang berguna untuk menyimpan berbagai macam file di dalamnya. Fungsi utama dari folder adalah untuk menyimpan file sekaligus mengelompokkannya menurut jenis file itu sendiri. 

Misalnya kita memiliki banyak sekali file di dalam komputer, untuk mempermudah dalam pencarian file kita perlu mengelompokkannya kepada beberapa bagian. Kita perlu membuat beberapa wadah untuk menyimpan file musik, dokumen, dan foto. 

Disanalah kegunaan dari folder, kita bisa menyimpan file musik pada sebuah folder yang telah kita buat yang dikhususkan untuk menyimpan file musik, folder tersebut telah kita berinama folder Musik. Dan begitupula dengan file-file jenis lainnya, disimpan dalam sebuah folder masing-masing. 

Maka ketika kita membutuhkan file musik kita tinggal cari saja folder Musik di komputer kita. Sebenarnya ada banyak hal menakjubkan yang bisa Anda ketahui tentang sebuah folder di dalam computer. Beberapa windows mendukung aplikasi canggih untuk memaksimalkan fungsi folder tersebut, berikut ini beberapa diantaranya: 

1. Membangun perpustakaan pribadi 

Sebuah folder ternyata bisa digunakan untuk perpustakaan pribadi. Windows 7 memperkenalkan jenis folder bernama perpustakaan. 

Secara default Windows dibuat perpustakaan untuk Dokumen, Musik, Foto dan Video. Membuka ini akan menampilkan informasi yang sama seperti Documents, Music, Foto dan Video folder pengguna dari versi terakhir Windows. Windows 7 menunjukkan Perpustakaan secara default di kolom kiri dari setiap folder, namun, Windows 8 dan 10 memiliki beberapa yang tersembunyi. Untuk melihatnya di 8 dan 10, buka folder dan ke tab View. Klik 'Navigation pane' dan pilih 'Show libraries'. 

Kekuatan Perpustakaan adalah bahwa Anda dapat menghubungkan beberapa folder ke folder perpustakaan. Yang memungkinkan Anda melihat informasi dari beberapa folder di hard drive Anda, atau pada beberapa hard drive, di satu tempat yang mudah ditemukan. Anda juga dapat membuat folder perpustakaan baru untuk apa pun jenis file yang Anda inginkan. 

2. Opsi yang canggih 

Coba lakukan ini: Dari folder di File Explorer, klik kanan pada folder dan pada saat yang sama tahan tombol shift. Anda akan melihat shortcut tambahan, seperti Pin untuk Akses cepat, dan yang lain, seperti Pindah ke Dropbox atau Buka sebagai Notebook di OneNote. 

Jika Anda benar-benar pandai mengatur folder Windows, Anda mungkin ingin mencoba trik yang lebih canggih yang akan menghemat waktu. 

3. Folder Godmode 

GodMode adalah fungsi yang sangat berguna bahwa Microsoft telah secara terbuka menyimpan rahasia. GodMode ditujukan untuk pro komputer yang diminta banyak pertanyaan tentang pemecahan masalah Windows 10. GodMode menempatkan hampir semua yang tersebar di seluruh Windows Control Panel ke menu yang mudah dibaca. 

Untuk dapat mencari seluruh komputer Anda untuk hal-hal seperti, 'Auto-hide the taskbar', 'Find and fix printing problems' dan banyak masalah lainnya, GodMode berada pada daftarnya untuk keluar dalam menu yang lebih rapi.